Pramuka SDE Mangunan Go Yogyakarta Melakukan Pelantikan Penggalang Ramu

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 02.017-02.018 yang berpangkalan di SD Eksperimental Mangunan Go Yogyakarta menyelenggarakan ujian dan praktek ketrampilan kepramukaan pada hari Sabtu 14 Mei 2022. Ujian dan praktek ketrampilan itu diikuti peserta didik pramuka Kelas VI sebagai syarat untuk dilantik menjadi Penggalang Ramu.

Kegiatan ujian dan praktek calon Penggalang Ramu dibuka dengan upacara dengan pembina upacara Kak Septiana Indri Bintari SE SPd selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan didampingi Kak Ari Widya Pertiwi SPd sebagai penanggung jawab, Kak.Agung Budi Putranto MT selaku Pembina Satuan beserta bapak ibu guru SD Eksperimental Mangunan Go.

Praktek penjernihan air. Foto: kiriman agung budi putranto

Kegiatan ini diisi oleh Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Kwartir Cabang Kota Yogyakarta yang bersanggar bakti di Polresta Yogyakarta dengan materi pengenalan dan praktek pemadaman api.

Selain itu, praktek memasak dengan menu makan siang, kemudian tes tertulis, pionering dengan membuat kaki tiga dan tiang bendera serta praktek penjernihan air sederhana. Kegiatan diakhiri dengan upacara pelantikan Penggalang Ramu sekaligus upacara penutupan.

Foto bersama bapak ibu guru dan adik-adik Pengalang Ramu. Foto: kiriman agung budi putranto

Kak Septiana Indri selaku Kamabigus berhara adik-adik dapat mengembangkan ketrampilan kepramukaan dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga adik-adik akan menjadi penerus bangsa yang berjiwa Pancasila yang memiliki sikap dan kepribadian ataupun karakter yang baik dengan tetap berpegang teguh dengan Satya dan dharma Pramuka.

“Terus mengembangkan diri dan meneruskan ke tingkat selanjutnya di jenjang SMP untuk adik-adik kelas VI SD Eksperimental Mangunan Go Yogyakarta,” harap Kak Septiana. (Agung Budi Putranto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *