Prodi Informatika Program Sarjana FTI UII Gelar Informatics Expo di Sleman City Hall

beritabernas.com – Program Studi (Prodi) Informatika, Program Sarjana FTI UII menggelar Informatics Expo Vol.1 Tahun Akademik 2023/2024 di Sleman City Hall, Selasa 12 Desember 2023. Sedikitnya 76 tim mahasiswa untuk proyek mata kuliah Pemikiran Desain/ Desain Thinking, Pengembangan Aplikasi Berbasis Website, Pengembangan Aplikasi Bergerak, Pengembangan Gim, Pengolahan Bahasa Alami, Sistem dan Jaringan Komputer tampil dalam event tersebut kali ini.

Menurut Dr R Teduh Dirgahayu ST MSc, Ketua Jurusan Informatika FTI UII, salah satu karya inovasi mahasiswa yang ditampilkan dalam Informatics Expo kali ini adalah Aplikasi Bengkelin yakni sebuah aplikasi berbasis online yang bergerak di bidang otomotif. Aplikasi ini dapat memudahkan dan mengefisienkan waktu pengguna dalam memperbaiki dan merawat kendaraannya. 

Dikatakan, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan inovatif, seperti fitur pencarian bengkel terdekat, fitur service motor maupun mobil, fitur penyewaan towing, fitur konsultasi dengan tenaga mekanik handal serta fitur penjualan suku cadang kendaraan.

Dari kiri ke kanan: Dr Dhomas Hatta, Prof Fathul Wahid dan Dr R Teduh Samudera. Foto: Jerri Irgo

Aplikasi ini merupakan hasil karya Nafis Ilyas Maulana (23523014), Muhammad Ihsan Widodo (23523035), Azhartamma Zuhal Budiazka (23523026) dan Alma Nurul Salma (23523001) yang dibimbing Dosen Prof Fathul Wahid ST MSc PhD.

Sementara Dhomas Hatta Fudholi ST M.Eng PhD, Ketua Program Studi Informatika Program Sarjana FTI UII, mengatakan, Informatics Expo kali ini bertajuk Berawal Inspirasi, Berujung Inovasi. Tajuk ini bermakna bahwa gugahan ide-ide yang berkembang dari karya-karya projek mata kuliah merupakan cikal bakal inspirasi arah kemajuan negara Indonesia.

Bermula dari proses ‘emphatize’ yang menggali kebutuhan masyarakat dan melakukan ‘define’ dari tantangan yang muncul, hasil kreasi ‘ideation’ hasil tukar pikiran menjadi sebuah ‘prototype’ yang berujung inovasi.

BACA JUGA:

Dikatakan, inovasi berkelanjutan menjadi semakin padu dengan adanya kesatuan dalam misi bersama pembangunan Indonesia maju. Sebuah Exposisi berkelanjutan, Informatics Expo menjadi wadah dalam mengakselerasi pertumbuhan inovasi dalam berbagai platform dan bentuk solusi. Konstruksi platform mobile dan web yang dapat dikses dari mana saja menjadi kunci dari integrasi sistem yang padu. Tentunya perkembangan AI dalam memberikan nuansa fun dan game serta pengolahan yang seamless bahasa alami, menjadi ‘MSG’ yang membuat inovasi jauh terasa lebih gurih.

Kali ini, Informatics Expo menempati suasana yang sedikit berbeda, agar lebih terekspos ke publik, yakni di Sleman City Hall (SCH) dan terbuka untuk umum. Selain ada karya-karya mahasiswa, mata kuliahnya, juga menampilkan satu pameran AI Art yang diharapkan apat lebih memperkenalkan kepada masyarakat salah satu bidang di Informatika yaitu AI.

Dua dari 4 anggota Tim Bengkelin Muhammad Ihsan Widodo (kiri) dan Nafis Ilyas Maulana. Foto: Jerri Irgo

“Saya kira ini patut kita sambut positif dan ke depan kita harus dapat menangkap ini sebagai peluang. Jurusan Informtika menangkap ini untuk dikenalklan kepada publik dan ingin memperkenalkan publik kepada jurusan informatika, khusunya di program sarjana,” kata Dhomas Hatta Fudholi.

Sementara Prof Fathul Wahid mengatakan, pihak universitas menyambut baik ikhtiar yang dilakukan oleh Program Studi Informatika, Program Sarjana FTI UII yang setiap di penghujung semester mengadakan expo sebagai tayangan semua karya mahasiswa dari berbagai mata kuliah.

Menurut Prof Fathul Wahid, Rektor UII, hal ini mempunyai banyak manfaat, di antaranya menantang mahasiswa untuk menampilkan karya terbaiknya, masyarakat ikut menikmati sekaligus memberikan masukan kepada karya-karya yang dibuat oleh mahasiswa. Selain itu, ketika membuat karya mahasiswa juga dihadapkan pada masalah nyata.

“Mudah-mudahan ini akan meningkatkan sensitivitas mahasiswa untuk terlibat menyelesaikan masalah-masalah di lapangan,” harap Prof Fathul Wahid. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *