FTI UII Gelar Lomba Menulis Esai untuk Siswa SMA/SMK/MA Sederajat dengan Total Hadiah Rp 15 Juta Lebih

beritabernas.com – Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) mengadakan lomba menulis esai bagi siswa/siswi SMA/SMK/MA atau yang sederajat. Lomba dengan tema Andai Aku jadi Presiden Tahun 2024 ini fokus pada pengembangan teknologi industri dan teknologi informasi.

Dalam lomba menulis esai dengan pengumpulan tulisan paling lambat 19 Januari 2024 ini, FTI UII menyiapkan hadiah total Rp 15.750.000 yang dibagi untuk juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1, harapan 2 dan harapan 3.

Pendaftaran lomba di bit.ly/DaftarEsaiFTIUII dan panduan lomba: bit.ly/PanduanEsaiFTIUII dengan batas pengumpulan naskah sampai dengan 19 Januari 2024. Naskah esai dibuat dalam minimal 1 halaman dengan 500 kata atau dapat sampai dengan 2 halaman dengan tidak lebih 1.000 kata.

Menurut Dr Agus Mansur ST M.Eng.Sc, Wakil Dekan bidang Sumber Daya FTI UII, dalam jumpa pers secara daring melalui zoom, Rabu 13 Desember 2023, lomba menulis esai ini sangat sederhana, yaitu menuliskan dan menyampaikan gagasan dengan tema Andaikan Aku jadi Presiden Tahun 2024.

Dikatakan, FTI UII mengambil peran aktif untuk ikut serta menumbuhkan semangat kebangssan bagi anak-anak muda, khususnya yang saat ini menempuh di pendidikan SMA/SMK/MA sederajat.

Dr Agus Mansur ST M.Eng.Sc. Foto: Jeri Irgo

Agus Mansur mengatakan, menjadi tantangan untuk mengajarkan anak-anak muda sekarang, sehingga perlu strategi agar mereka memiliki kemampuan berpikir kritis serta mampu mendewasakan cara berpikir dalam berbangsa dan bernegara. Karena beda generasi beda zaman. “Kita yang ada penataran P4, butir-butir Pancasila dan seterusnya, anak-anak sekarang agak berbeda cara berpikirnya,” kata Agus Mansur.

Berangkat dari hal tersebut, FTI UII ingin mengajak mereka untuk membangun mimpi-mimpi tentang negerinya, tentang masa depannya dan tentang bangsanya. Sementara kemampuan membaca dan menulis adalah pengetahuan dasar yang harus dikuasai, diketahui dan harus dimengerti oleh anak-anak muda

“Menulis menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bagaimana anak-anak muda menjadi peduli serta punya harapan-harapan terhadap negaranya. Dari situlah, FTI UII akan melaksanakan lomba esai, lomba esainya sangat sederhana, yaitu menuliskan dan menyampaikan gagasannya, andaikan menjadi pengambil kebijakan di negeri ini,” kata Agus.

BACA JUGA:

Dikatakan, FTI UII mempunyai cara lain untuk membangun kebanggaan mereka, mewujudkan cita-cita dan harapan mereka terhadap bangsanya. Dengan hal itu mereka berpikir, apa yang dipunyai bangsanya, apa yang menjadi kesempatan negaranya dan apa yang menjadi tantangan baginya, sehingga muncullah gagasan untuk mengatur negara ini, apa yang mereka kembangkan, tentang apa yang mereka usulkan atau ambil, sehingga lomba esai ini menjadi cara lain mendidik anak-anak muda mengenalkan pada masalah faktual.

Sebagai apresiasi, menurut Agus, FTI UII menyiapkan total hadiah Rp 15.750.000 dengan rincian untuk kategori Utama:

• Juara 1: Rp 5.000.000

• Juara 2: Rp 4.000.000

• Juara 3: Rp 3.000.000

Selain hadiah uang tunai, Juara 1, 2, 3 juga trips ke Kampus FTI UII dan wisata di Kota Yogyakarta.

Sedangkan untuk kategori juara Harapan:

• Harapan 1: Rp 1.500.000,-

• Harapan 2: Rp 1.250.000,-

• Harapan 3: Rp 1.000.000,-

(lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *