Rakerda Pertama GIPI DIY: Siap Mendukung Kemajuan Pariwisata DIY

beritabernas.com – Dewan Pengurus Daerah Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (DPD GIPI) DIY siap mendukung kemajuan pariwisata di DIY. Hal ini merupakan salah satu hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) pertama yang dilakdakan di STP AMPTA Yogyakarta, Selasa 2 Juli 2024.

Selain dihadiri Bobby Ardyanto Setyo Ajie, Ketua DPD GIPI DIY, Moko D Soediro (Sekretaris DPD GIPI DIY) dan pengurus DPD GIPI DIY periode 2024-2029, Rakerda pertama DPD GIPI DIY ini juga dihadiri 50 peserta dan tamu undangan serta 22 asosiasi yang tergabung dalam GIPI DIY.

Dalam Rakerda pertama DPD GIPI DIY tersebut, Bobby Ardyanto Setyo Ajie menyampaikan Rencana Strategis Panca Dharma Istimewa GIPI DIY 2024-2029 yang menjadi acuan program kerja GIPI selama 5 tahun ke depan. Selanjutnya, secara bertahap implementasinya diwujudkan dalam program kerja tahunan yang ditetapkan dalam forum rakerda.

“Panca Dharma tersebut didasarkan pada visi dan misi GIPI DIY. Visi GIPI DIY adalah mengoptimalkan peran untuk menjadikan sektor pariwisata DIY menjadi sektor unggulan yang sehat serta mampu menjadi engine pendorong pertumbuhan ekonomi DIY dan menjadi terkemuka di Asia Tenggara,” kata Bobby.

Peserta Rakerda pertama GIPI DIY foto bersama. Foto: Y Sri Susilo

Sedangkan Misi GIPI DIY adalah melakukan konsolidasi maksimal seluruh stakeholder pariwisata DIY agar tercipta ekosistem pariwisata DIY yang kuat dan harmonis. Selain itu, mendorong regulasi yang kondusif di sektor pariwisata dalam upaya membangun ekosistem pariwisata DIY menuju Jogja Responsible Tourism Destination.

Misi lainnya adalah mampu mendorong investasi yang sehat dan bertanggung jawab di sektor pariwisata DIY, meningkatkan kualitas produk dan layanan serta SDM pariwisata yang unggul serta perluasan lapangan kerja di bidang pariwisata DIY dan mendorong promosi bersama terstruktur dan terintegrasi serta melakukan perluasan jaringan & pasar internasional dan menguatkan dan meningkatkan kualitas pasar domestik di dalam koridor Jogja Tourism Integrated.

“Panca Dharma tersebut diturunkan dari kelima Misi GIPI DIY,” kata Bobby seraya menambahkan bahwa dengan pedoman pada Panca Dahrma,diharapkan secara internal organisasi GIPI DIY semakin mapan secara kelembagaan. Seluruh anggota asosiasi yang tergabung dalam GIPI DIY mampu meningkatkan profesionalitas, sehingga kinerja usaha seluruh anggotanya semakin meningkat.

BACA JUGA:

Di samping itu, program kerja yang dirumuskan GIPI DIY juga harus bersinergi dengan program kerja pemerintah dan pemangku kepentingan lain. “Jaringan Kerjasama dengan pemangku kepentingan selama akan terus diintensifkan,” ujar Bobby.

Menurut Bobby, kemajuan pariwisata baik dari aspek ekonomi, budaya dan aspek lainnya bergantung pada sinergitas dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. “Peran Pemda DIY, ibarat konduktor atau dirigen sehingga perannya ditingkatkan sehingga orkestrasi aktivitas pariwisata hasilnya menjadi lebih optimal,” harap Bobby pengusaha di bidang hotel dan aktivitas wisata lainnya.

“Kami akan lebih intensif berkomunikasi dan bekerjasama dengan pemangku kepentingan agar kontribusi GIPI DIY lebih signifikan dalam mendukung kemajuan pariwisata di DIY,” kata Bobby seperti dikutip Y Sri Susilo, Anggota Tim Ahli GIPI DIY, dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Jumat 5 Juli 2024. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *