Ratusan Peserta se-Indonesia Siap Mengikuti Kolaborasi Menulis

beritabernas.com – Sebanyak 200 lebih peserta se Indonesia siap mengikuti Kolaborasi Menulis bersam Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, GKR Mangkubumi dan Bunda Literasi Bantul Emi Masruroh SPd serta Duta Bahasa DIY 2022 Tri Wahyuni.

Penaggungjawab kegiatan Nur Hidayati SPd.I didampingi Founder Komunitas Yuk Menulis (KYM) Vitriya Mardiyati menjelaskan, dalam even spesial April ini peserta diminta untuk menulis 1 puisi dengan tema Wanita Tangguh dan 1 puisi tema Kartini Masa Depan.

Peserta dibatasi mengirim naskah puisi selambat-lambatnya 30 April 2023 jam 23.59. Font yang digunakan Time New Roman 12, margin atas 4 kanan 3 kiri 4 bawah 3, spasi 1,5. Mereka harus menuliskan nama asli bukan nama pena. Yang lolos kurasi akan dibukukan.

Guru MTsN 3 Bantul Drs Sutanto sangat senang bisa mengikuti even spesial yang digelar KYM tersebut. Terlebih mereka yang diajak kolaborasi adalah tokoh publik yang terkenal. Dalam karya buku solo yang dibuat di KYM, Bupati dan Ibu Bupati Bantul pernah memberikan pengantar, bahkan di buku yang baru terbit GKR Mangkubumi berkenan memberi sambutan.

Sebagian peserta kolaborasi menulis. Foto: Dok panitia

“Mengikuti even KYM selalu membuat candu, pokoknya ingin dan ingin terus ikut,” ujar Sutanto.

Sementara Guru Matematika MTs N 3 Sleman Marlina Lestari SPd, yang tinggal di Ngemplak RT003/RW017 Wukirsari, Cangkringan, Sleman memiliki alasan kuat ikut even ini. Ia mengaku terpanggil untuk menggores aksara curahan hati biar tertulis abadi bersama para penyair, pujangga hebat Nusantara dengan kolaborasi tokoh-tokoh hebat.

Sedangkan Guru Bahasa Jawa yang tinggal di  Pokoh Wedomartani Ngemplak Sleman Tutut Indrayani mengaku ikut even ini untuk menambah pengalaman, pengetahuan dan mengasah  pikiran dalam hal sastra.

Drs Sutanto. Foto: Dok pribadi

Kemudian, Evi Apriyanti SPd MPd yang sehari-hari menjadi pendidik di SMPN 2 Ngaglik, Sleman, ingin  menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang menulis puisi.

“Saya bangga dan bahagia karena dapat berkolaborasi dengan tokoh hebat dan keren yaitu Bupati Bantul, Bunda Literasi Bantul, Putri Mahkota Kasultanan Ngayogyakarta Hadinungrat, dan Duta Bahasa DIY tahun 2022,” imbuhnya.

Senada dengan peserta lain, Sri Kartini, guru yang mukim di Kp.Jawa Baru Gg Sukun Sungai Baru Muntok Bangka Barat ingin terus belajar dan belajar bersama para peserta lainnya. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *