Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Presiden Jokowi: Ada Terowongan untuk Gajah

beritabernas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas tol Pekanbaru-Dumai, Sumatera, Rabu 4 Januari 2023. Setelah melakukan peresmian, Presiden Jokowi melihat sejumlah gajah berjalan di terowongan di bawah ruas jalan tol tersebut.

Menurut Presiden Jokowi, di sepanjang ruas jalan tol tersebut disediakan sedikitnya 6 terowongan untuk perlintasan hewan raksasa tersebut.

“Gajah-gajah terlihat berjalan di bawah ruas tol Pekanbaru-Dumai pagi ini. Tepat di titik Km 12 jalan tol ada terowongan yang memang dibuat untuk perlintasan gajah. Ada enam perlintasan seperti ini di ruas tol Pekanbaru-Dumai,” cuit Presiden Jokowi dikutip beritabernas.com di akun twitternya.

Dikatakan, terowongan gajah dibangun karena jalan tol Pekanbaru-Dumai membelah habitat gajah di 2 kota dan 2 kabupaten yang dihuni setidaknya 76 ekor gajah Sumatra. Pembangunan infrastruktur di Tanah Air harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan menjamin kelangsungan hidup satwa liar.

Presiden Jokowi melihat segerombolan gajah yang berjalan di bawah ruas tol Pekanbaru-Dumai. Foto: Twitter@jokowi

Pada Rabu 4 Januari 20222, Presiden Jokowi meresmikan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 30,9 km. Peresmian dilakukan dari gerbang tol Bangkinang, Kabupaten Kampar.

Jalan tol yang termasuk dalam koridor pendukung Trans Sumatra ini akan tersambung dengan Lingkar Pekanbaru menuju Padang.

Pada malam harinya, Presiden Jokowi menyempatkan diri berkunjung ke sebuah pusat perbelanjaan di Kota Pekanbaru. Presiden Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki dan Menteri BUMN Erick Thohir sempat memasuki satu gerai dan berbelanja sweter lengan panjang dan jaket. Mal di kota ini masih ramai pengunjung pada pukul delapan malam. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *