Reuni PPKH di Wisma Yoso Putro Cupuwatu, Sunarno: untuk Ngrabuk Yuswo

beritabernas.com – Sebagai orang yang pernah bekerja di bidang kesehatan, anggota PPKH (Paguyuban Purna Karya Husada) tahu persis bagaimana menjaga dan merawat kesehatan di masa pensiun atau purna karya. Apalagi masa pensiun memiliki banyak waktu luang untuk menjaga dan merawat kesehatan agar selalu sehat dan usia panjang.

Salah satu cara yang dilakukan anggota PPKH Kabupaten Sleman adalah mengadakan reuni sebagai ajang untuk saling menyapa dan melepas kangen. Dalam acara reuni, mereka bisa bersenang-senang, happy, bernyanyi, berolahraga dan saling berbagi cerita. Dengan mengisi waktu pensiun dengan berbagai kegiatan yang menghibur, mereka bisa melepas beban yang dihadapi, terutama beban psikologis karena sudah tidak menjadi pegawai atau pejabat, sehingga hidup sehat dan umur panjang.

Mantan Kadis Kesehatan Sleman dr Suhartono M.Kes bernyanyi dalam acara reuni PPKH Sleman di Wisma Yoso Putro Cupuwatu. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Ini cara kami ngrabuk yuswo (memupuk/merawat usia). Dengan reuni kami bisa bersenang-senang, happy, menghilangkan segala beban yang dirasakan ketika tidak lagi bekerja alias pensiun. Dengan reuni, kami bisa saling menghibur,” kata Sunarno, Sekretaris PPKH Kabupaten Sleman kepada beritabernas.com di sela-sela acara reuni PPKH yang diadakan Kelompok IV di Wisma Yoso Putro Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Selasa 17 Januari 2023.

Tak tanggung-tanggung, reuni PPKH Kabupaten Sleman diadakan rutin tiap 2 bulan sekali atau 6 kali dalam setahun secara bergilir dengan dibagi beberapa kelompok. Reuni kali ini diadakan Kelompok IV sebagai tuan rumah dan digelar di Wisma Yoso Putro Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman, dengan halaman yang luas dan nyaman.

Para anggota PPKH berjoget sambil bernyanyi. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Menurut dr Sunartono M.Kes, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman yang juga anggota Kelompok IV PPKH Kabupaten Sleman mengaku senang ikut reuni karena bisa bertemu dengan para mantan karyawan/pegawai bidang kesehatan.

Apalagi dalam reuni banyak acara yang menghibur, membuat hati senang dan gembira. “Ini acara rutin tiap bulan sekali. Sekadar untuk melepas kangen dan bisa bertemu teman-teman,” kata Suhartono yang ikut bernyanyi sambil berjoget dengan sesama anggota kelompok IV.

Para anggota PPKH ikut senam Maumere. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

PPKH Kabupaten Sleman yang kini berjumlah sekitar 160 orang beranggotakan para mantan karyawan/karyawai atau pegawai bidang kesehatan, seperti Puskesmas, rumah sakit dan sebagainya.

Dalam acara reuni kali ini, selain diisi sambutan dan laporan pengurus paguyuban/panitia, juga lebih banyak acara hiburan seperti bernyanyi, berjoget dan senam Maumere. Reuni juga diisi makan bersama dengan penuh keakraban di antara para anggota PPKH yang rata-rata berusia di atas 60 tahun. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *