Rumah Juang Sleman Diresmikan, Ketua DPD KGN DIY: Jadi Pusat Konsolidasi Organisasi

beritabernas.com – Setelah sejumlah Rumah Juang KGN (Kita Ganjar Nusantara) Kabupaten Gunung Kidul diresmikan, pada Sabtu 11 Maret 2022 Rumah Juang DPC KGN Kabupaten Sleman diresmikan di Wisma Yoso Putro Cupuwatu, Purwomartani, Sleman.

Rumah Juang DPC KGN Sleman menempati rumah Wikan, Wakil Ketua DPD KGN DIY, di Jalan Waru 71 Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Peresmian Rumah Juang DPC KGN Kabupaten Sleman dilakukan oleh Ketua Umum DPP KGN Boyke Hasiholan Simanjuntak, sejumlah Pengurus DPP KGN, Penasihat DPD KGN DIY Hendricus Mulyono yang lebih dikenal Mbah Mul, Pengurus DPC KGN Sleman, Gunung Kidul dan para relawan serta sejumlah tokoh masyarakat.

Para pengurus DPP, DPD dan DPC KGN mengikuti acara peresmian Rumah Juang KGN DPC Sleman, Sabtu 11 Maret 2023. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Pengurus DPC KGN Sleman Krisna mengatakan, jauh sebelum Rumah Juang ini diresmikan, DPC KGN Sleman sudah jauh bergerak dan melangkah untuk mempersiapkan berbagai program, baik jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Untuk program jangka pendek, menurut Krisna, KGN menggelar kegiatan yang bersifat masal seperti senam masal untuk memperkenalkan keberadaan KGN dan sosok yang didukung Ganjar Pranowo. Sedangkan program jangka menengah adalah memajukan UKM dengan membuka Angkringan “Ngopira” ngobrol pikiran rakyat) di rumah-rumah juang yang dibuka hingga tingkat kecamatan.

Penasihat DPD KGN DIY Mbah Mul saat menyampaikan sambutan. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Sedangkan untuk program jangka panjang adalah merealisasikan gagasan Penasihat DPD KGN DIY Mbah Mul untuk ketahanan pangan.

Konsolidasi organisasi

Ketua Umum DPD KGN DIY Dwi Purnama mengatakan, keberadaan Rumah Juang KGN mulai dari tingkat DPC hingga kecamatan-kecamatan bahkan sampai kelurahan memiliki 3 fungsi.

BACA JUGA:

Yang pertama adalah menjadi tempat konsolidasi organisasi agar pengurus dan anggota tetap solid. Sebab, kita tidak mungkin bisa melakukan apapun di tengah suasana yang tidak solid, di tengah suasan tidak nyaman dan tidak mantap. Kedua, konsolidasi program kerja dan ketiga konsolidasi gagasan atau ide.

Menurut Dwi Purnama, konsolidasi program antara lain menyiapkan program ketahanan pangan. Selain itu, setiap Rumah Juang menyediakan Angkringan Ngopira.

Sementara dalam hal konsolidasi ide atau gagasan akan bekerjasama dengan perguruan tinggi bagaimana meningkatkan elektabilitas Ganjar Pranowo terutama di wilayah-wilayah yang elektabilitasnya masih rendah. “Peran-peran itu yang akan dimainkan KGN melalui rumah-rumah juang yang ada,” kata Dwi Purnama.

Ketua DPD KGN DIY Dwi Purnama. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Acara peresmian Rumah Juang KGN Sleman berlangsung meriah. Sejak pagi, sejumlah relawan pendukung Ganjar Pranowo mengikuti senam masal di halaman Wisma Yoso Putro yang luas dan asri itu.

Ketua Umum DPP KGN Boyke Hasiholan Simanjuntak mengatakan, keberadaan Rumah Juang KGN sangat penting sebagai pusat konsolidasi organisasi dan koordinasi para pengurus untuk merencanakan dan melaksanakan program kerja.

Menurut Boyke Hasiholan, DPD KGN DIY maupun DPC-DPC KGN se-DIY patut menjadi contoh bagi KGN daerah-daerah lain di Indonesia karena sangat aktif dalam melaksanakan program kerja. Boyke juga sangat mendukung keberadaan Rumah Juang KGN yang menjadi pusat kegiatan para relawan pendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *