SD Negeri Caturtunggal 4 Depok Sleman Gelar Pesta Siaga

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Gugus Depan 07.029-07.030 yang berpangkalan di SD Negeri Caturtunggal 4, Depok, Sleman menyelenggarakan Pesta Siaga 2024dengan tema Cerdas, Ceria dan Kreatif.

Pesta Siaga SDN Caturtunggal 4 dibuka oleh Sri Astuti SPd.SD selalu Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) yang juga Kepala SD Negeri Depok 4 di halaman SD Negeri Caturtunggal 4 Depok, Sleman, pada Rabu 19 Juni 2024.

BACA JUGA:

KaMabigus berharap para peserta selalu sehat dan semangat untuk mengikuti proses ataupun rangkaian kegiatan Pesta Siaga, sehingga mendapatkan pengalaman uji ketrampilan, pengamalan kode kehormatan serta kreatif dan bernalar kritis. 

Pesta Siaga tahun ini diikuti 110 peserta didik kelas 3 dan 4. Para Pramuka Siaga sangat gembira dan antusias mengikuti rangkaian kegiatan beberapa kegiatan, antara lain simpul dasar (pangkal, jangkar, mati, hidup dan rantai), membaca jam digital/analog, puzzle Pancasila, melipat baju dan selimut, gambar religi, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu daerah serta lempar tangkap bola. 

Peserta upacara menghormati bendera. Foto: agung bp

Setelah siaga melakukan uji ketrampilan, sambil istirahat mereka mengerjakan ujian tertulis tentang kode kehormatan, salam Pramuka, organ tubuh manusia, makanan 4 sehat 5 sempurna dan membedakan perbuatan baik dan buruk. 

Pesta Siaga SDN Caturtunggal 4 dapat berjalan dengan baik dan lancar atas dukungan sekolah melalui Kepala Sekolah selalu Ka Mabigus, pengurus komite, pengurus paguyuban orangtua kelas 3 dan 4 serta pendamping dari Muji Raharjo, LMG, Eti Muasaroh, LMS, Rubiyatun Riyanto MS dan Faqih Arif Saputro selaku pembina upacara pada penutupan Pesta Siaga. 

Uji ketrampilan membaca jam dipimpin oleh Faqih. Foto: agung bpd

Pembina upacara menyampaikan selamat kepada seluruh peserta yang sudah dengan baik mengikuti segala proses kegiatan ketrampilan dan teknik kepramukaan digolongan siaga. Untuk peserta kelas 3 jika nanti dinyatakan layak secara kecakapan umum maka di awal tahun ajaran akan dilantik menjadi Siaga Mula, sedangkan untuk adik-adik kelas 4 pada tahun ajaran 2024/2025 akan melaksanakan pindah golongan, dari Siaga ke Penggalang sehingga mulai mempersiapkan seragam dan kelengkapannya, SKU dan segala hal yang berkaitan dengan golongan penggalang. 

“Tetap semangat dan dapat mengaplikasikan proses kegiatan Pesta Siaga dalam kehidupan sehari-hari,” pesan pembina upacara. (agung budi putranto)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *