Siapkan SDM Unggul, FTI UII Buka Program Magister Teknik Kimia

beritabernas.com – Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) melakukan grand launching Magister Teknik Kimia (MTI) untuk menyiapkn sumber daya manusia unggul, khususnya menghadapi tantangan peradaban yang semakin kompleks, yakni era Society 5.0 dan revolusi industri 4.0.

Grand launching Program Magister Teknik Kimia FTI UII ini dilatarbelakangi adanya fenomena degradasi lingkungan akibat eksploitasi berlebihan semakin mengkhawatirkan. Kondisi ini pada gilirannya akan mengakibatkan lingkungan yang rusak dan tercemar yang mengancam keberlangsungan hidup manusia di bumi. Dengan kondisi tersebut prospek dan peluang kerja lulusan Magister Teknik Kimia pun sangat terbuka.

Grand launching Magister Teknik Kimia FTI UII dibuka oleh Prof Dr Jaka Nugraha,S.Si M.Si, Wakil Rektor bidang Pengembangan Akademik & Riset UII di Gedung Prof Dr Sardjito Kampus Terpadu UII, Sabtu 10 Desember 2022.

Menurut Ifa Puspasari ST M.Eng Ph.D, Ketua Jurusan Teknik Kimia, FTI UII, berdasarkan data yang disediakan oleh pangkalan data Dikti, ada 19 Program Studi Magister Teknik Kimia di Indonesia yang telah terdaftar saat ini yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dari seluruh Program Studi Magister Teknik Kimia tersebut, hanya 5 perguruan tinggi yang menyelenggarakan Program Studi Magister Teknik Kimia di daerah Jawa Tengah dan DIY.

Program Studi Magister Teknik Kimia yang diselenggarakan oleh 19 Perguruan Tinggi di Indonesia menitikberatkan pada bidang energi, lingkungan dan material meliputi pengembangan proses, intensifikasi energi, pengolahan limbah, dan modifikasi material.

Bidang ini telah menjadi ciri khas Program Studi Teknik Kimia, tidak hanya di perguruan tinggi Indonesia namun juga perguruan tinggi luar negeri. “Sehingga Program Studi Magister Teknik Kimia FTI UII mengambil peran dalam menyediakan pendidikan magister dengan kompetensi di bidang energi, lingkungan dan material,” kata Ifa.

Menurut Ifa, Program Studi Magister Teknik Kimia FTI UII menyelenggarakan pendidikan magister dengan kompetensi pada bidang Teknologi Herbal, Teknologi Produksi Energi, Rekayasa Proses dan Kontrol, Teknologi Pangan Halal, Teknologi Pengelolaan Lingkungan dan Teknologi Material dengan singkatan HERPaLM sebagai ciri khas dan keunggulan Program Studi yang tidak ditawarkan oleh 19 PSMTK lain di Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, Dr Arif Hidayat ST MT,, Wakil Dekan Bidang Keagamaan, Kemahasiswaan dan Alumni FTI UI didampingi Dr Dyah Retno Sawitri ST, M.Eng, Sekretaris Jurusan Teknik Kimia FTI UII juga Dosen serta Mahasiswa Baru Magister Teknik Kimia FTI UII. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *