SMKN 6 Yogyakarta sebagai Penerima Bantuan Pemerintah Program SMK Pusat Keunggulan

beritabernas.com – SMKN 6 Yogyakarta ditunjuk oleh Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek sebagai salah satu penerima bantuan pemerintah Program SMK Pusat Keunggulan Skema Dukungan Pemadanan Industri tahun anggaran 2022.

Program ini dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan jenjang SMK sesuai dengan standar kompetensi keahlian dan standar industri, dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA).

Terkait hal itu, pada program penguatan proses pembelajaran, SMKN 6 Yogyakarta menggelar diskusi terpumpun untuk Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK Pusat Keunggulan (PK) yang melibatkan unsur guru (sekolah), dinas terkait, Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA), perwakilan orangtua siswa, pengurus Komite SMKN 6 Yogyakarta serta universitas pendamping di Aula SMKN 6 Yogyakarta, Selasa 13 Desember 2022.

Para narasumber, moderator dan peserta Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK Pusat Keunggulan (PK) foto bersama. Foto: Istimewa

SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program dari Dirjen Vokasi sebagai pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja. Program ini tertuang dalam keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 12 tahun 2022 tentang Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan.

Melalui program ini diharapkan dapat menjadikan lulusan dari SMK siap dan mampu bersinergi dengan dunia kerja. Seperti yang telah diketahui bersama setiap tahun dunia industri mengalami banyak perubahan yang signifikan. Selaras dengan itu dunia pendidikan pun mencoba untuk mengimbanginya, agar setiap lulusan SMK mampu terserap dengan baik oleh dunia industri, menjadi wirausaha atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Rommy Heryanto, CMT ASEAN (Dewan Pendidikan DIY) dengan narasumber Wiwik Indriyani SPd MSi (Kepala SMKN 6 Yogyakarta), Abdullah Abidin S.Sos (Wakil Ketua Lembaga Ombudsman DIY bidang Pengawasan Badan Usaha), Elly Supriyanti KS S.Psi M.Ec.Dev, Kepala Bidang Pelindungan dan Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kesempatan Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans DIY dan Iwan Ridwan M (General Manager Gallery Prawirotaman Hotel). (Widuri Indah Dwi Jayanti S.Pd MPd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 6 Yogyakarta).


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *