Tambah 4 Guru Besar Baru, UII Kini Miliki 35 Dosen Bergelar Profesor

beritabernas.com – UII kini memiliki 35 dosen bergelar akademik Profesor atau Guru Besar setelah ada tambahan 4 Guru Besar baru. Penyerahn SK Guru Besar/Profesor kepada keempat dosen tersebut dilakukan oleh Kepala LLDikti V DIY Prof drh Aris Junaidi di Kampus Terpadu UII, pada Rabu 21 Juni 2023.

Dengan tambahan 4 Guru Besar/Profesor tersebut, maka kini UII memiliki 35 Guru Besar/Profesor atau 4,3 persen dari total 700 lebih dosen UII. Secara nasional, persentase profesor baru sekitar 2 persen dari seluruh dosen di perguruan tinggi di Indonesia. Dengan demikian, capaian UII sudah lebih dari dua kali lipat dari rata-rata nasional.

Prof Elisa Kusrini menerima SK Guru Besar. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Keempat Guru Besar/Profesor baru UII tersebut adalah Prof Elisa Kusrini, Prof Rudy Syahputra, Prof Rifqi Muhammad dan Prof Nandang Sutrisno. Keempat profesor baru tersebut berasal dari disiplin dan bahkan fakultas yang berbeda yakni FTI, FMIPA, FBE dan FH.

Menurut Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD, saat ini UII mempunyai 258 dosen berpendidikan doktor, dan 65 di antaranya sudah menduduki jabatan akademik lektor kepala. Mereka merupakan calon profesor karena tinggal selangkah lagi meraih gelar profesor.

Prof Nandang Sutrisno menerima SK Guru Besar. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Beberapa usulan profesor dari UII saat ini masih dalam proses, termasuk yang sudah diproses di Jakarta. Kita semua berdoa, semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, SK profesor lain akan juga diterima oleh UII,” harap Prof Fathul Wahid. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *