Terpilih jadi Ketua DPC PMKRI Yogyakarta, Yohanes Tola Fokus pada Program Kaderisasi

beritabernas.com – Yohanes Tola terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Cabang PMKRI Yogyakarta periode 2022-2023. Ia dilantik pada Minggu 24 Juli 2022 di Pusat Pastoral Mahasiswa DIY, yang diselenggarakan secara langsung atau luring.

Di bawah kepemimpinan Yohanes Tola, DPC PMKRI Yogyakarta akan fokus pada peningkatan kaderisasi anggota melalui kaderisasi formal, nonformal dan informal sebagai bentuk pendidikan kader.

Selain itu beberapa gagasan dan program telah disiapkan dalam satu periode kepengurusan, di antaranya program orientasi kampus, penguatan kemandirian ekonomi cabang dan program digitalisasi berupa mengaktifkan kembali website Media Aquinas yang telah vakum selama 2 tahun terakhir.

Yohanes Tola juga akan mendorong anggota untuk memasuki sektor strategis dan memperkuat keterlibatan anggota PMKRI Yogyakarta dalam diskursus sosial kemasyarakatan yang berkembang.

Ketua Presidium yang baru dilantik, Yohanes Tola, menyampaikan tekad dan optimismenya terhadap kepengurusan yang baru dilantik dengan semangat membangun PMKRI Yogyakarta sebagai organisasi yang bertransformasi terhadap semangat zaman.

Selain itu, Yohanes Tola mengajak seluruh mahasiswa Katolik di DIY untuk membangun semangat keterlibatan sebagai mahasiswa untuk kembali menegaskan eksistensi mahasiswa dalam perkembangan zaman saat ini.

“PMKRI Yogyakarta perlu terus berbenah diri melalui perbaikan potensi kader yang baik. Sebagai mahasiswa, kita perlu memberi tanggapan terhadap perubahan sosial kemasyarakatan yang terus berkembang,” kata Yohanes Tola dalam sambutan pada acara pelantikan tersebut.

Menurut Yohanes Tola, yang perlu dipastikan adalah program pemerintah yang berjalan mendapatkan perhatian mahasiswa sebagai mitra kritis pemerintah. Momen pemilu 2024 tentu menjadi catatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan keterlibatan yang nyata. “Isu SARA dalam pemilu berpotensi memecah belah integritas bangsa. Mahasiswa harus hadir di sana,” ujar Yohanes Tola.

Ketua Panitia elantikan DPC PMKRI Yogyakarta 2022-2023 Novita Haniantri dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Senin 25 Juli 2022, menyatakan, pelantikan DPC PMKRI Yogyakarta dilakukan melalui proses yang terencana. Pelantikan dihadiri oleh Hierarki Gereja Katolik, Anggota Penyatu PMKRI Yogyakarta, Ormas Katolik, Kelompok Cipayung DIY, PMK dan KMK kampus di DIY serta anggota biasa PMKRI Yogyakarta.

Pelantikan DPC mengusung tema Transformasi Gerkan PMKRI Dalam Menanggapi Isu Sosial“dengan harapan PMKRI mampu memenuhi semangat zaman yang mengalami disrupsi yang sangat kuat.

Selain itu, dalam pelantikan juga diselenggarakan seminar dengan tema Partisipasi Mahasiswa Dalam Menyambut Pesta Demokrasi 2024 dengan narasumber Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan S. IP MA dan Dosen Sosial Politik UGM AB.Widyanta MA. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *