UII dan Nanjing Xiaozhuang University China Gelar Online Classes and Cultural Immersion Program

beritabernas.com – UII bersama Nanjing Xiaozhuang University (NXU) China menggelar Online Classes and Cultural Immersion Program sejak 15 November 2022 hingga 6 Desember 2022. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Program Studi Teknik Industri Program Internasional FTI UII yang ditunjuk sebagai penyelenggara program.

Dalam program ini dilakukan program imersi budaya, yang mencakup pengenalan Indonesia, Yogyakarta, Bahasa Indonesia, makanan dan budaya. Tema program Indonesian Enterprise 4.0 diangkat karena terjadi pergeseran paradigma di Indonesia yang mulai mengarah ke Revolusi Industri 4.0.

Menurut Danang Setiawan ST M, Ketua Panitia Penyelenggara, kepada wartawan di Ruang Dekanat FTI UII, Kamis 15 Desember 2022, kegiatan yang telah dilaksanakan secara online melalui platform VOOV Meeting ini diikuti 35 mahasiswa School of Electronic Engineering, NXU China. Sementara pengajar dalam program ini adalah dosen dari FTI UII, tim CILAC UII dan KUI UII.

Ir Ira Promasanti Rachmadewi M.Eng, Sekretaris Program Studi Teknik Industri Program Internasional FTI UII. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Pada pertemuan pertama, kata Danang Setiawan, peserta mempelajari Bahasa Indonesia dan budaya yang ada di Indonesia dan Yogyakarta khususnya. Selanjutnya sesi pengenalan makanan dan tour virtual Yogyakarta dan UII.

Danang Setiawan yang didampingi Annisa Uswatun Khasanah ST M.Sc dan Dr Eng. Meilinda Fitriani Nur Maghfiroh ST MBA, keduanya Dosen Prodi Teknik Industri Program Internasional FTI UII, mengatakan, materi inti diberikan dalam 4 kali pertemuan dengan 1 kali presentasi tugas oleh peserta meliputi Cultural immersion 1-Indonesian Language and Culture; Cultural immersion 2- Indonesian Food and Yogyakarta City Tour; Jewelry design and manufacturing engineering perspective;     Production Planning and Inventory Control; Electric Motor Cycle Success Story; Enterprise Resource Planning and Business Process Modelling dan Student Presentation.

Sementara Ir Ira Promasanti Rachmadewi M.Eng, Sekretaris Program Studi Teknik Industri Program Internasional FTI UII mengatakan, program ini merupakan salah satu komitmen Prodi Teknik Industri Program Internasional UII untuk mewujudkan internasionalisasi. Dalam upaya internasionalisasi, Prodi Teknik Industri memiliki dua program unggulan, yaitu Outbound Mobility dan Inbound Mobility.

Danang Setiawan (kiri) bersama Annisa Uswatun Khasanah ST M.Sc dan Dr Eng. Meilinda Fitriani Nur Maghfiroh ST MBA, keduanya Dosen Prodi Teknik Industri Program Internasional FTI UII. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Ira, Outbound Mobility merupakan upaya mengirimkan mahasiswa dan dosen Teknik Industri ke luar negeri untuk merasakan secara langsung bagaimana pendidikan, industri dan budaya di luar negeri.Pada tahun 2022, Prodi Teknik Industri Program Internasional telah secara sukses mengirimkan 20 mahasiswa dan 5 dosen untuk mengikuti Educational Visit 2022 ke perusahaan dan universitas di Eropa.

Di sisi lain, program inbound mobility ditujukan untuk menghadirkan internasionalisasi di prodi Teknik Industri (Internationalitation at home).

“Pada program ini, Prodi Teknik Industri Program Internasional memberi kesempatan kepada dosen TI UII untuk menjadi pengajar dengan peserta dari mahasiswa asing. Selain itu, kesempatan juga diberikan kepada mahasiswa TI UII untuk menjadi buddy atau pendamping bagi mahasiswa asing ketika mengikuti program,” kata Ira. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *