20 Tahun Radio Sasando FM Membawa Khabar Baik bagi Bangsa

beritabernas.com – Pada 28 Agustus 2022, Radio Sasando FM genap berusia 20 tahun. Usia yang cukup matang bagi sebuah radio siaran swasta nasional. Sesuai tagline-nya, memberitakan khabar baik bagi bangsa, sepanjang usia itu Radio Sasando FM yang didirikan Daniel Damaledo SE-pria asal NTT-ini selalu konsisten membawa khabar baik bagi bangsa lewat program-program siarannya.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi informasi serta kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat, tepat dan akurat, Radio Sasando FM yang berada di gelombang 90.3 FM dituntut untuk berubah dan menyesuaikan diri agar tidak ketinggalan zaman. Maka pada ulang tahun ke-20, Radio Sasando FM mengusung tema Growth Together Things Get Better atau tumbuh bersama menjadi lebih baik.

Para pendeta berdoa untuk para karyawan Radio Sasando FM pada peringatan HUT ke-20, Senin 29 Agustus 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Pendiri Radio Sasando FM Daniel Damaledo, tema tersebut mengandung makna bahwa Radio Sasando selalu tumbuh dan berkembang sesuai harapan dan kebutuhan pendengar/penggemar agar menjadi lebih, dalam arti mutu program siaran, jangkauan siaran maupun kualitas siaran. Maka di tengah era digital seperti sekarang, siaran Radio Sasando FM tidak lagi hanya siaran konvensional yang bisa ditangkap dalam jangkauan tertentu, tapi bisa didengar di seluruh dunia melalui digitalisasi siaran.

“Kapan dan dimana pun Anda berada bisa mendengar siaran Sasando FM secara live streaming. Radio Sasando kini telah berubah sesuai perkembangan era teknologi informasi dan digitalisasi,” kata Daniel Damalade dalam acara peringatan HUT ke-20 Radio Sasando FM di Sasando Resto Jalan Laksda Adisucipto-Ambarukmo IV/R.15 Catur Tunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DIY, Senin 29 Agustus 2022.

Sekda Sleman (keempat dari kanan) beserta sejumlah pejabat menghadiri acara HUT ke-20 Radio Sasando FM, Senin 29 Agustus 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Acara peringatan HUT ke-20 Radio Sasando ini dihadiri perwakilan Forkopimda Sleman, para pendengar , lembaga-lembaga usaha, gereja-gereja, perguruan tinggi dan para mitra setia pengisi konten acara serta masyarakat di lingkungan Radio Sasando FM. Acara diawali dengan ibadah yang dipimpin Ps Sarlin Mataheru MTh.

Menurut Daniel Damaledo mengaku bersyukur karena Radio Sasando FM bisa bertahan hingga usia 20 tahun. Apalagi media apapun, termasuk radio siaran belum terbebas dari tekanan akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Selaian itu, perubahan dan perkembangan teknologi masa kini turut mempengaruhi masyarakat dalam mengakses informasi, hiburan dengan beragam konten yang menarik, mudah dan cepat.

Daniel Damaledo membawa kue ulang tahun ke-20 Radio Sasando FM pada peringatan HUT ke-20, Senin 29 Agustus 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Bahkan kini media informasi menjadi gaya hidup masyarakat yang simple, bebas dengan akses yang cepat, murah dan tersedia di setiap waktu. Hal ini menjadi tantangan bagi media radio . sebagai Industri penyiaran. Untuk itu diperlukan strategi baru dengan memperkaya konten, bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk menjangkau yang belum terjangkau, sekaligus sebagai upaya bertahan dalam tekanan arus informasi yang deras dengan tetap mempertahankan visi.

Sementara Yeskiel Damaledo, putra pertama Daniel Damaledo, yang merupakan generasi kedua Radio Sasando FM dan dipersiapkan untuk melanjutkan pengelolant Radio Sasando FM mengatakan hingga sekarang Radio Sasando masih bertahan karena banyak tokoh yang mendukung dalam setiap kesempatan. Dikatakan, menghadapi perkembangan media terkini, Radio Sasando FM sedang bersiap menuju digitalisasi media.

Sekretaris Daerah Pemda Sleman Hardaya Kiswaya SE MSi yang hadir dalam acara HUT ke-20 Radio Sasando FM mengaku Pemkab Sleman ikut senang atas kehadiran Radio Sasando FM karena selalu memberikan hal-hal yang baik, positif dan konstruktif.

Para pendeta berdoa untuk para karyawan Radio Sasando FM pada peringatan HUT ke-20, Senin 29 Agustus 2022. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Ia pun berharap agar Radio Sasando FM dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman sehigga program-programnya dapat dinikmati oleh generasi muda dan masyarakat pada umumnya. Dengan demikian, Radio Sasando terus diterima masyarakat dimanapun dan sampai kapan pun.

Yohanes Suyanto SPd, Koordintor Bidang Pengelolaan Struktur dan Sistem Siaran KPID DIY, mengapresiasi pengelola Radio Sasando yang selalu mematuhi aturan dan memenuhi syarat-syarat sesuai ketentuan UU Penyiaran. Sehingga sejak didirikan Agustus 2002 hingga sekarang, Radio Sasando belum pernah dikenakan sanksi apapun.

Setelah acara seremonial dilanjutkan dengan makan malam bersama dan hiburan dengan live music dari Yanes Kellen. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *