260 Peserta dari 17 Perguruan Tinggi di Indonesia Mengikuti Jamnas Mahasiswa

beritabernas.com – Sebanyak 260 peserta yang merupakan mahasiswa dari 17 perguruan tinggi di Indonesia mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Mahasiswa Bela Negara 2023 yang diadakan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNYK).

Jamnas Mahasiswa Bela Negara dengan tema Mahasiswa Berperan Aktif dalam Membangun Kedaulatan dan Ketahanan Bangsa ini diselenggarakan selama 3 hari mulai 29 September 2023 hingga 1 Oktober 2023.

Hari Kusuma Satria Negara, Ketua Panitia Pelaksana Jamnas Mahasiswa Bela Negara 2023, mengatakan, melalui kegiatan ini para mahasiswa peserta Jamnas diharapkan mampu membangun kesadaran, tanggung jawab bersama dan turut berperan aktif dalam menjaga keamanan, pertahanan serta stabilitas negara.

“Harapan sebenarnya nilai bela negara, kecintaan tanah air pada diri peserta semakin muncul,” kata Hari Kusuma Satria dalam rilis yang diterima beritabernas.com, Jumat 29 September 2023.

BACA JUGA:

Menurut Hari Kusuma, rangkaian acara Jamnas Mahasiswa Bela Negara 2023 digelar diawali dengan upacara pembukaan di Lapangan UPN “Veteran” Yogyakarta dilanjutkan dengan Pawai Harmoni Ragam Budaya.

Selain itu, ada kegiatan outbond dengan tema Pendidikan Karakter dan Nasionalisme yang akan dilaksanakan padahari kedua. Ada 4 pos outbond yang meliputi lomba baris-berbaris, tali-temali, rapeling dan pertolongan pertama pada gawat dDarurat.

Hari menambahkan sebelum upacara penutupan, para peserta akan memulai perjalanan sejauh 3 kilometer dengan berjalan kaki. “Harapannya mereka akan siap untuk bela negara jika negara tidak dalam kondisi perang karena sekarang bela negara itu tidak harus perang, tapi bagaimana kita mencintai produk Indonesia, menjaga lingkungan dan ujung-ujung bela negara yang sederhana seperti itu,“ tutur Hari. 

Di sepanjang perjalanan peserta akan melakukan aksi Jaga Bumi dengan mengumpulkan sampah di sepanjang jalan yang dilewati menuju Titik Nol Kilometer atau Monumen Serangan Umum 1 Maret. Aksi ini menjadi wujud paling sederhana dalam implementasi semangat bela negara yang relevan di era sekarang ini.

Sementara Pandji Dwi Ashrianto, Humas Jamnas Mahasiswa Bela Negara 2023, mengatakan, melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan dapat mengaktualisasikan peran penting mereka dalam upaya memperkuat kedaulatan dan ketahanan bangsa.

Dengan memahami isu-isu strategis dan terlibat dalam berbagai kegiatan konstruktif, mahasiswa dapat memberikan kontribusi berarti dalam membangun Indonesia yang lebih tangguh, berdaya saing dan berkeadilan. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *