Guru MTsN 3 Bantul Terbitkan Buku Ukara Rinumpaka 

beritabernas.com – Guru MTsN 3 Bantul Drs Sutanto segera menerbitkan buku kumpulan 100 quote (kata bijak) berbahasa Jawa berjudul Ukara Rinumpaka. Kepastian akansegera terbitnya buku tersebut setelah munculnya cover buku elegan melalui Komunitas Yuk Menulis pimpinan Vitriya Mardiyati.

“Ini merupakan buku solo karya saya yang ke-21. Saya membuat kata bijak berbahasa Jawa sebagai upaya turut melestarikan bahasa daerah, agar jangan sampai punah. Saya ingin anak-anak sekarang lebih paham berbagai kosa kata yang mungkin sudah jarang mereka dengar. Spesialnya buku ini diberi pengantar oleh seniman Acapela Mataraman, mas Pardiman Djoyonegoro,” kata Sutanto di kediamannya Celep Srigading, Sanden, Bantul, Kamis 28 September 2023.

Sutanto menambahkan, buku tersebut merupakan hasil perenungann ya, dengan melihat peristiwa di sekitarnya dan fenomena yang terjadi di masyarakat. Ada beberapa jenis kata bijak yang disajikan dalam buku ini, diantaranya kata bijak tentang kehidupan, kata bijak inspiratif, kata bijak pembangkit motivasi, kata bijak religius dan kata bijak bagi para pendidik.

Seniman Acapela Mataraman, Pardiman Djoyonegoro, menulis pengantar buku karya Sutanto. Foto: Istimewa

Sementara Pardiman mengatakan, Sutanto yang merupakan sahabatnya adalah pribadi yang gelisah untuk selalu berkarya baik membuat lagu, puisi  dan tulisan-tulisannya yang mewakili pribadi dan zamannya. Dokumentasi kegelisahan kreatif Sutanto dalam menangkap sebuah ide kreatif mengeksekusi menjadi sebuah karya tulis adalah sesuatu yang abadi untuk generasi ke generasi.

BACA JUGA:

Pardiman mengungkapkan tentang sebuah nasihat Jawa, Macaa, critaa lan nulisa. Membacalah supaya terbuka pikiran dan wawasan. Berceritalah untuk melatih ikhlas legawa dan menulislah sebelum kamu kembali supaya abadi di setiap generasi adalah nasihat untuk selalu menjaga kesinambungan hidup. Karena setiap kehidupan adalah pembelajaran.

“Mas Tanto, panggilan akrabku pada beliau memang pribadi  bersahaja dan rendah hati, namun ngrampungi gawe. Di usianya yang makin  matang telah banyak membagikan pengalaman yang telah mengkristal menjadi  tulisan dan menjadi ilmu, dan sekarang hadir lagi di hadapan anda buku Ukara Rinumpaka,” kata Pardiman, di kediamannya Jalan Karangjati, RT 07 Gendeng, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *