300 Peserta Meriahkan Gladhen Ageng Jemparingan Condongcatur Sleman

beritabernas.com – Menandai hari jadi ke-76, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, digelar Gladhen Ageng Jemparingan di lapangan Ganjuran, Manukan, Condongcatur, Minggu (27/11/2022) pagi.

Cuaca pagi yang cerah dengan sedikit mendung, menjadikan event olahraga tradisional khas Yogyakarta tersebut kian semarak. Sebanyak 300 peserta dari berbagai daerah sejak pagi mulai berdatangan guna meramaikan gelaran jemparingan yang dilaksanakan oleh Komunitas Jemparingan Condongcatur (JCC) Sleman tersebut.

Ketua Panitia Gladhen Ageng Jemparingan Condongcatur Magitagita mengatakan, acara ini diikuti 300 peserta dari berbagai daerah di DIY, Jawa Tengah dan Pacitan, Jawa Timur. “Peserta terbagi dalam kategori putera dan puteri. Ada 255 peserta putera dan 45 peserta puteri. Dengan target sasaran berjarak 32 meter,” kata dia.

Para juara Gladhen Ageng Jemparingan Condongcatur kategori Titis Puteri naik ke panggung menerima hadiah ( bebungah) kejuaraan. Minggu (27/11/2022). Foto: Istimewa

Seusai acara berlangsung, kepada beritabernas.com, Magitagita yang juga Ketua JCC memaparkan, Jemparingan mempunyai makna dalam Bahasa Jawa, Pamenthanging Gendewa Pamanthenging Cipta, yang artinya memanah tidak hanya olahraga, tapi juga seni mengolah rasa.

“Cara memanah dalam Jemparingan dengan menarik tali atau kendeng dengan tiga ruas jari hingga sampai ke mulut kemudian dibidikkan ke target wong-wongan atau bandul. Perlu banyak ketenangan dan konsentrasi yang tinggi,” ungkapnya.

Jemparingan Condongcatur berdiri sejak 26 November 2017. Pemerintah Kalurahan Condongcatur mendukung penuh dan mengalokasikan anggaran agar Jemparingan Condongcatur tetap eksis.

“Saat ini jumlah anggota JCC ada¬†20 orang. Mereka melakukan latihan rutin tiap Selasa dan Kamis sore. Harapan kami olahraga Jemparingan semakin diminati masyarakat sebagai wahana olahraga dan ajang silaturahmi warga masyarakat,” kata Magitagita.

Para juara Gladhen Ageng Jemparingan Condongcatur kategori Titis Putera berfoto bersama Lurah Condongcatur Reno Candra Sangaji (kedua dari kiri), Minggu (27/11/2022). Foto: Istimewa

Pada Gladhen Ageng Jemparingan Condongcatur kali ini, untuk kategori titis Putera, juara pertama diraih Rokhim Paguyuban KPK Klaten dengan poin 14. Kedua, Yusroni dari Paguyuban HW Sukoharjo (13 poin) dan ketiga diraih Lasono dari Paguyuban Warastra Merapi (12 poin).

Sedangkan juara harapan secara berurutan, pertama diraih Galih Septian Paguyuban Agung Sedayu (11 poin), kedua Aris Paguyuban GJS Siliran (10 poin).

Sementara kategori titis Puteri, juara  pertama diraih Peni dari Paguyuban Estoe Midjil Kalasan dengan poin 10. Kedua, Atun dari Paguyuban Suryastrawara Klaten memperoleh 6 poin dan ketiga, Ruri dari Paguyuban Sambisena Maguwo ( 5 poin). Juara harapan pertama diraih Sihmiyatun dari Paguyuban Surya Bhirawa Klaten (5 poin) dan kedua Eni dari Paguyuban Area 89 dengan 5 poin. (ag irawan)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *