7 Mahasiswa UII Penerima IISMA 2022 dari Kemendikbud Ristek RI Dilepas

beritabernas.com – Sebanyak 7 mahasiswa UII dari berbagai program studi penerima Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 dari Kemendikbud Ristek RI dilepas oleh Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD, Jumat 26 Agustus 2022.

Acara penglepasan ke-7 mahasiswa UII penerima IISMA 2022 dari Kemendikbud Ristek RI itu dilakukan secara daring melalui zoom meeting.

Ke-7 mahasiswa penerima IISMA 2022 tersebut adalah Fazrin Novira Rizky dengan tujuan Universidad de Granada, Fitri Amalia Rafi ke Middle East Technical University, Alisya Zahra Noor Adrevi ke Universitat Pompeu Fabra dan Zabrina Kartikaning Palupi ke Arizona State University. Keempatnya dari Program Internasional Prodi Arsitektur FTSP.

Selain itu, Annisa Ramadhani Wijayanto Putri dari Prodi Hubungan Internasional UII dengan tujuan Michigan State University, Lalu Muh Syamaidzar Tandur Alam dari Program Internasional HI UII ke University of Padua dan Muhammad Arif Santoso dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UII dengan tujuan University of California, Davis. Tahun lalu sebanyak 24 mahasiswa UII yang menerima IISMA dari Kemendikbud Ristek RI.

Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc PhD pada acara penglepasan mahasiswa UII penerima Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Foto: tangkapan layar meeting zoom

Rektor UII Prof Fathul Wahid mengatakan, para mahasiswa UII yang meraih IISMA dari Kemedikbud telah lolos dari seleksi yang sulit dan ketat. Selain akan meningkatka kemampuan bahasa internasional, mereka juga akan mendapatkan wawasan yang luas karena bergaul dengan banyak teman dari berbagai negara. Dengan demikian, setelah mengikuti kuliah selama 1 semester di luar negeri mereka akan memiliki banyak kelebihan dan memanen peluang yang sangat luas.

Dikatakan, selain bisa mengembangkan diri, para mahasiswa penerima IISMA tersebut juga membawa misi menjadi duta universitas dan duta bangsa/negara. Karena itu, mereka perlu memahami budaya lain, pandai dalam menempatkan diri.

“Sebagai duta bangsa, banyak hal yang perlu diluruskan oleh mahasiswa. Berikan kesan yang genuin, yang asli apa yang dialami di Indonesia dan UII. Bagaimana Indonesia yang begitu beragam tapi hidup damai. Bagaimana Islam yang damai dan ramah. Dan semua itu bisa ditunjukkan melalui apa yang dilakukan mahasiswa, yakni bagaimana adik-adik membawa diri dengan baik. Bisa bergaul, beradaptasi dan membawa diri dengan baik sebagai pribadi, sebagai mahasiswa dan sebagai warga negara Indonesia yang baik,” kata Rektor UII,

Sementara drh Novita Mahanani, orangtua Zabrina Kartikaning Palupi, mahasiswa penerima IISMA 2022 dengan tujuan Arizona State University, berterima kasih kepada Rektor UII atas dukungan pada mahasiswa yang dikirim ke luar negeri. Sebab, mereka pergi keluar negeri, terutama AS, tidak mudah.

“Dengan dukungan KAUI, universitas dan prodi, ia bisa sampai di Arizona AS. Bersyukur mereka yang mendapat kesempatan belajar di luar negeri karena tidakk hanya pintar tapi juga berwawasan luas dibanding yang lulusan dalam negeri,” kata drh Novita dalam meeting zoom itu.

Dikatakan, lulusan luar negeri memiliki wawasan luas dan ada tambahan pengalaman dari banyak teman yang berbeda-beda. “Sangat mendukung program IISMA. Mereka akan lebih pede saat ketemu orang-orang yang berbeda,” katanya. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *