80 Sekolah Siap Sukseskan Festival Literasi Bantul

beritabernas.com – Sebanyak 80 sekolah se-Kabupaten Bantul, DIY menyatakan siap mengikuti Festival Literasi Bantul pada 8 Desember 2023 sampai dengan 30 Januari 2024. Sekolah yang siap ikut tak hanya SD, SMP di lingkup Disdikpora, namun juga berasal dari madrasah (RA, MI, MTs, MA) yang berada di bawah naungan Kemenag Bantul dan SMA/SMK yang berada di lingkup Balai Dikmen.

Bahkan lembaga non formal, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Tirtomulyo Kretek juga menyatakan kesiapan mengikuti Festival Literasi Bantul tersebut.

Hal itu diungkapkan Tim Literasi Matsaga (TLM) MTsN 3 Bantul Drs Sutanto di sela-sela koordinasi bersama anggota tim (Gita Atmania Dewi, Kuni Fauziah, Puji Lestari, Netty Herawati) dan Kepala Madrasah Sugeng Muhari SPd.Si MPd, Jumat 24 November 2023.

Sebelumnya, pada Kamis 23 November 2023, dilakukan pertemuan teknis melalui zoom meeting untuk memberi kesempatan kepada peserta memperjelas tentang tahapan dan hal-hal terkait even tersebut.

Menurut Sutanto, karya peserta Festival Literasi Bantul yang digagas bekerjasama dengan Komunitas Yuk Menulis (KYM) pimpinan Vitriya Mardiyati jika memenuhi syarat dan ketentuan akan diterbitkan menjadi sebuah buku.

BACA JUGA:

“Karya peserta akan dikompilasi beberapa sekolah demi menjamin kualitas dan sebagai sarana belajar bersama dalam berkarya. Jika semua konsisten dan tak ada aral melintang, buku akan dilaunching 30 Januari 2024,” imbuh Sutanto.

Dikatakan, hal yang menggembirakan adalah Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Bunda Literasi Bantul Hj Emi Masruroh SPd, Kepala Disdikpora Bantul Drs Isdarmoko MPd.M MPar, Kepala Kankemenag Bantul Ahmad Shidqi S.Psi M.Eng), Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Bantul Ismunardi SPd MM yang dihubungi panitia sudah siap akan mengirim karya sebelum batas akhir. 

“Para tokoh yang kami hubungi telah siap mengirim karya, maka kami juga minta kepada para koordinator tiap sekolah untuk dapat mengirim file karya maksimal 30 November 2023 jam 23.00. Jangan lupa 5 nominator masing-masing sekolah ditulis di paling atas,” tandas Sutanto.

Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari SPd.Si MPd menambahkan, bahwa Festival Literasi Bantul merupakan bukti komitmen madrasahnya sebagai madrasah yang menjadikan kegiatan literasi sebagai salah satu unggulan.

“Semoga langkah kami dalam mengadakan Festival Literasi ini bisa turut menggelorakan literasi di Indonesia tercinta,” kata Sugeng. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *