Pengabdian Masyarakat, FBE UAJY Gelar Pelatihan bagi Guru MGMP Ekonomi DIY

beritabernas.com – Kelompok Dosen Pilar Akuntansi Keuangan, Prodi Akuntansi, Departemen Akuntansi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FBE UAJY) mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang diisi dengan pelatihan untuk Guru MGMP Ekonomi DIY, di Kampus FBE UAJY, Kamis 3 Agustus 2023.

Pelatihan kali ini mengangkat topik tentang Praktik Pembuatan Laporan Keuangan UMKM Menggunakan Excel yang diikuti 38 guru dari berbagai SMA di DIY. Mereka merupakan perwakilan guru Akuntansi dari wilayah Kabupaten Kulon Progo, Sleman, Bantul, Gunungkdul dan Kota Yogyakarta. Pelatihan menghadirkan narasumber Yohanes Mario Pratama, Dosen Program Studi Akuntansi FBE UAJY.

Menurut Anastasia Susty Ambarriani, Ketua Departemen Akuntansi, FBE UAJY, seperti dikutip Y Sri Susilo, Humas FBE UAJY, dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Jumat 4 Agustus 2023, salah satu tujuan pelatihan ini adalah untuk mengenalkan pentingnya akuntansi bagi UMKM kepada Guru-guru MGMP Ekonomi DIY.

Guru-guru MGMP Ekonomi DIY peserta pelatihan foto bersama nara sumber. Foto: Y Sri Susilo

Dikatakan, pelatihan tersebut diharapkan dapat bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan baik bagi guru-guru maupun peserta didik. Setiap pendidik dan tenaga kependidikan didorong untuk meningkatkan kemampuan profesional dalam bidangnya masing-masing.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya guru perlu terus dikembangkan agar dapat melaksanakan fungsinya secara profesional,” kata Pratiwi Budiharta, Kaprodi Akuntansi FBE UAJY.

Menurut Pratiwi, UMKM membutuhkan laporan keuangan sebagai alat untuk memantau kinerja keuangan mereka. Laporan keuangan membantu UMKM dalam mengelola keuangan, mengetahui kondisi keuangan Perusahaan dan mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.

BACA JUGA:

Mario Pratama selaku narasumbe mengatakan, pelatihan ini mengajarkan penggunaan Microsoft Excel supaya dapat memaksimalkan beberapa fitur yang ada pada Microsoft Excel dalam menyusun laporan keuangan.

Mario mengaku senang karen para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Mereka juga dengan cepat menyerap materi pelatihan.

Menurut Dr Y Sri Susilo, Humas FBE UAJY yang juga Kaprodi Ekonomi Pembangunan FBE UAJY, kegiatan pengabdian pada masyarakat FBE UAJY bagi MGMP Ekonomi selanjutnya adalah pelatihan terkait pengelolaan keuangan koperasi, perpajakan (Prodi Akuntansi), penyegaran teori ekonomi (Prodi Ekonomi Pembangunan) dan penyegaran materi manajeman keuangan (Prodi Manajemen).

“Seluruh Prodi di FBE UAJY ke depan akan tetap menjalin komunikasi dan kerjasama dengan MGMP Ekonomi DIY,” kata Y Sri Susilo. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *