ASBN Didesain untuk Mendukung Semua Aktivitas dan Program Internasionalisasi

beritabernas.com – President of ASBN Arif Hartono PhD mengatakan ASEAN School of Business Network (ASBN) merupakan sebuah platform tugas yang didesain untuk mendukung semua aktivitas dan program internasionalisasi.

Sementara untuk proses internasionalisasi UII tak bisa berjalan sendiri tapi perlu partner dan partner harus dari internasional. Sejak didirikan pada November 2023, ASBN baru memiliki 4 anggota yakni Malayisia, Filipina dan Thailand sebagai co-founder dan UII sebagai founder.

“Untuk itu kami akan segera menjaring member sebanyak mungkin yakni business school atau semacamFakultas Bisnis dan Ekonomi dari negara-negara ASEAN. Tujuan utama dari ASBN adalah untuk penguatan dan pengembangan dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, sebagai platform untuk memfasilitasi berbagai pertukaran knowledge dan informasi, terutama mobilisasi untuk para dosen dan mahasiswa anggota ASBN,” kata Arif Hartono PhD dalam jumpa pers di sela acara konferensi internasional pertama ASBN atau The 1st ASEAN School of Business Network (ASBN) International Conference 2024 di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis 8 Agustus 2024.

Dari kiri ke kanan: Prof Johan Arifin PhD, Arif Hartono PhD dan Dr.rer.soc.oec Jaya Addin Linando. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Arif Hartono yang didampingi Dekan FBE UII Prof Johan Arifin PhD dan Chairperson of the 1st ASBN International Conference Dr.rer.soc.oec Jaya Addin Linando mengatakan, UII menginisiasi pendirian ASEAN School of Business Network (ASBN) sebagai wujud nyata komitmen terhadap program internasionalisasi.

Hal ini dibenarkan oleh Dekan FBE UII Prof Johan Arifin PhD. Menurut Prof Johan Arifin, program ASBN merupakan bagian dari implementasi renstra fakultas yaitu internasionalisasi.

“Kami akan selalu mendukung akreditasi seluruh prodi. Harapannya ASBN ini menjadi tonggak sejarah dan berkembang pesat serta mampu memberikan pengaruh bagi ekonomi di ASEAN,” kata Prof Johan Arifin.

BACA JUGA:

Menurut Arif Hartono, ASBN merupakan sebuah platform kolaborasi antar sekolah bisnis di ASEAN, yang diharapkan menjadi langkah progresif untuk memperkuat dan mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada awal pendirian ASBN mendapat dukungan signifikan dari berbagai perguruan tinggi di negara-negara ASEAN, seperti dari Thailand, Malaysia dan Filipina dengan berpartisipasi aktif dalam ASBN Cofounders Meeting di Yogyakarta pada 29 November-1 Desember 2023. Pertemuan ini bukan hanya menciptakan kesepakatan dan komitmen, tetapi juga menghasilkan dokumen resmi berupa Letter of Intent yang mengikat semua pihak.

Dekan FBE UII Prof Johan Arifin PhD saat menyampaikan sambutan pada pembukaan The 1st ASEAN School of Business Network (ASBN) International Conference 2024 di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kamis 8 Agustus 2024. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Dikatakan, tujuan utama pendirian ASBN adalah memperkuat dan mengembangkan kolaborasi yang saling menguntungkan di antara sekolah bisnis di wilayah ASEAN. Ruang lingkup kolaborasi mencakup berbagai aspek, mulai dari mobilitas internasional mahasiswa dan dosen, kolaborasi pengajaran, penelitian bersama, hingga peluang kolaborasi potensial lainnya.

Sementara Chairperson of the 1st ASBN International Conference Jaya Addin Linando mengatakan, The 1st ASEAN School of Business Network (ASBN) International Conference 2024 berlangsung dua hari mulai Kamis 8 Agustus 2024 hingga Jumat 9 Agustus 2024.

Selain seminar, rangkaian acara juga diisi konferensi, pertemuan co founder dan kompetisi esai bagi mahasiswa .Agenda ASBN diharapkan berjalan rutin tiap tahun. Menurut rencana, tahun depan akan diadakan di Malaysia. Pada event perdana ini, rangkaian kegiatan ASBN diikuti 384 peserta dari 10 negara termasuk di luar ASEAN seperti Kanada, Prancis, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *