Ketua DPC PDIP Kota Jogja Eko Suwanto: Dr Hasto Kristiyanto Tokoh Teladan & Inspiratif

beritabernas.com – Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto menilai Dr Hasto Kristiyanto, Sekjen DPP PDI Perjuangan, merupakan sosok teladan dan inspiratif. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian yang tertuang dalam disertasi berjudul Kepemimpinan Strategis Politik, Ideologi dan Pelembagaan Partai serta Relevansinya terhadap Ketahanan Partai: Studi pada PDI Perjuangan.

BACA JUGA:

“Bagi partai politik di Tanah Air, apa yang menjjadi kajian Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Dr Hasto Kristiyanto tentu bisa menjadi peta jalan penting dan kontekstual atas kondisi politik kebangsaan Indonesia terkini,” kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta, dalam siaran pers yang diterima beritabernas.com, Sabtu 19 Oktober 2024.

Dr Hasto Kristiyanto foto bersama tim penguji di UI,Sabtu 19 Oktober 2024. Foto: Dok PDIP

Eko Suwanto yang juga Anggota DPRD DIY punya mengucapkan selamat atas gelar doktor yang kembali diraih oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dari Universitas Indonesia.

“Selamat atas pencapaian Hasto Kristiyanto yang berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Indonesia. Inspiratif sekali. Mas Dr Hasto Kristiyanto, njenengan teladan sekaligus inspirasi bagi kami dan kaum muda dalam belajar dan berjuang,” kata Eko Suwanto.

Saat mempertahankan disertasi, Hasto Kristiyanto diuji 4 profesor dari dalam dan luar negeri, yakni Gumilar Rusliwa Somantri, Bambang Shergi Laksmono, Sulistyowati Soewarno dan Ludger Helms. 

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menghadiri ujian doktor Hasto Kristiyanto di UI, Sabtu 19 Oktober 2024. Foto: Dok PDIP

Dalam disertasinya, beberapa pokok pikiran penting yang disampaikan Hasto Kristiyanto yaitu kelembagaan partai penting diperkuat untuk membuat parpol bisa bertahan terhadap tantangan zaman. Selain itu, perubahan regulasi pemilu dan ketatnya kontestasi menyebabkan partai tidak bisa survive. Karena itu diperlukan pelembagaan dan ketahanan partai beserta modelnya bagi peningkatan kualitas demokrasi Indonesia. 

“Saya mengenal mas Hasto Kristiyanto cukup lama dan beliau selalu pegang teguh prinsip perjuangan. PDI Perjuangan telah membuktikan pelembagaan partai dengan kepemimpinan kuat membawa kemenangan pemilu tiga kali,” kata Eko Suwanto. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *