Presiden Jokowi: Tarif Masuk Pulau Rinca Tetap, Tarif ke Pulau Komodo dan Pulau Padar Beda

beritabernas.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, tarif masuk ke Pulau Rinca masih sama, namun tarif masuk ke Pulau Komodo dan Pulau Padar berbeda.

Menurut Presiden Joko Widodo, Komodo di Pulau Rinca dan Pulau Komodo itu sama saja. Wajah komodonya sama. Sementara tarif masuk yang dikenakan kepada wisatawan masih sama untuk di Pulau Rinca, sedangkan untuk di Pulau Komodo dan Pulau Padar akan dikenakan tarif yang berbeda.

Namun, Presiden Joko Widodo tidak menyebut angka besaran tarif masuk ke obyek wisata andalan Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, Provinsi NTT tersebut. Dalam beberapa hari terakhir marak demo di Manggarai Barat maupun di Jakarta yang memprotes tarif masuk ke Pulau Komodo yang mencapai Rp 3,7 juta. Masyarakat menilai tarif sebesar itu sangat mahal sehingga sangat sulit dijangkau oleh wisatawan domestik, terutama wisatawan asal Manggarai Barat maupun Manggarai secara keseluruhan bahkan NTT.

Dalam kunjungan ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Kamis 21 Juli 2022, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa penataan kawasan marina Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT sudah dilakukan. Presiden mengimbau seluruh masyarakat untuk memperhatikan hal-hal kecil, seperti ramah terhadap wisatawan dan jangan buang sampah sembarangan karena sekarang Labuan Bajo sudah bersih dan cantik.

“Pemerintah berupaya untuk melakukan konservasi habitat komodo di Pulau Komodo dan Pulau Padar, NTT. Wisatawan yang ingin melihat langsung hewan endemik itu, silakan berkunjung ke Pulau Rinca. Penataan kawasan Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo tersebut hari ini saya resmikan,” kata Presiden Jokowi dikutip beritabernas.com di akun twitternya. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *