Kata Pengantar dari Dosen Musik UNY, Kumpulan Pantun Guru MTsN 3 Bantul Segera Terbit

beritabernas.com – Guru MTsN 3 Bantul Drs Sutanto merasa bahagia dan bangga, karena bukunya yang ke-17 berjudul Pelantun Nada dalam Balutan Kata Bermakna segera terbit. Yang lebih membuatnya tersanjung, karena buku kumpulan pantun tersebut diberi pengantar oleh Dosen Departemen Pendidikan Musik di Fakultas Bahasa Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Dr Ayu Niza Machfauzia MPd.

Menurut Sutanto, naskah buku berisi 126 kata bijak ditulis mulai 4 sampai 31 Januari 2023, masuk penerbit 5 Februari 2023, diedit dan layout dan cover jadi pada Kamis 16 Pebruari 2023.

BACA JUGA:

“Alhamdulillah setelah naskah saya susun selama sebulan pada Januari 2023, lalu pada Februari masuk penerbit, proses edit, layout dan pembuatan cover selesai. Semoga selambatnya April bisa terbit,” kata Sutanto di rumahnya Celep Srigading Sanden Bantul, Jumat 17 Pebruri 2023.

Menurut Ayu Niza Machfauzia, diterbitkannya buku kumpulan pantun ini menunjukkan adanya kekhawatiran penulis terhadap generasi milenial dan generasi “Z“ yang gandrung dengan gempitanya musik “K Pop“ asal negeri ginseng dan lebih menyukai musik-musik asal negeri antah berantah. Sehingga mereka lebih dan hanya mengenal musisi-musisi asal negeri ginseng dan negeri antah berantah tersebut daripada musisi musisi dari negeri sendiri. 

Dosen Departemen Pendidikan Musik di Fakultas Bahasa Seni dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Dr Ayu Niza Machfauzia MPd. Foto: Dok pribadi

Dengan kelihaian dan kreativitas yang dimilikinya, penulis berhasil merangkai untaian huruf dan kata membuat pantun untuk mengintepretasikan akan cinta, kekaguman dan penghargaannya yang tinggi terhadap musisi-musisi Tanah ir yang legendaris tapi mulai dilupakan.

Dengan mengapresiasi dan menginterpretasikan kekaguman tersebut, melalui pantun-pantunnya, penulis mampu menyampaikan pesan nilai-nilai pendidikan yang merupakan bekal dalam menapaki kehidupan yang semakin kompleks.

Patut diapresiasi produktivitas penulis yang berprofesi sebagai pendidik dan berlatar belakang Pendidikan Musik ini, merambah dan masuk dalam dunia sastra. Dengan produktivitasnya ini, nampaknya penulis dapat masuk dalam jajaran guru yang seniman.

“Selamat Pak Sutanto. Saya mewakili civitas akademika Departemen Pendidikan Musik FBSB UNY merasa bangga dengan anda sebagai alumni Prodi Pendidikan Musik FBSB UNY akan kreativitas dan kekreativitasannya. Teruslah pupuk dan kembangkan kreativitas menyertai hingar bingarnya karya-karya seniman Tanah Air,” kata Ayu. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *