Ganjar Pranowo Bersama Presiden Joko Widodo Meresmikan Jalan Tol Semarang-Demak

beritabernas.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak di Gerbang Tol Sayung, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, hari Sabtu 25 Februari 2023.

Ganjar Pranowo bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sama-sama mengenakan rompi dan topi proyek kompak menekan tombol tanda diresmikan ruas Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak.

BACA JUGA:

Saat turun dari pesawat kepresidenan di Bandara Demak, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dengan posisi sedikit membungkuk, Ganjar Pranowo menyalami Presiden Jokowi di depan tangga pesawat.

Ketika meresmikan jalan tol tersebut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pentingnya menghubungkan dan mengintegrasikan jalan tol dengan kawasan-kawasan produksi di masing-masing wilayah. 

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengingatkan para gubernur, bupati/wali kota agar segera menyambungkan dan mengintegrasikan jalan tol tersebut dengan kawasan-kawasan produksi yang ada di wilayah masing-masing,

Ganjar Pranowo (kanan) menyalami Presiden Jokowi saat turun dari pesawat kepresidenan. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

“Saya hanya ingin mengingatkan kembali kepada gubernur, bupati/wali kota agar seluruh jalan tol yang telah selesai di Tanah Air segera menyambungkan dan kemengintegrasikan dengan kawasan-kawasan produksi yang ada di wilayah masing-masing, baik dengan kawasan industri disambungkan, dengan kawasan pertanian disambungkan, dengan kawasan-kawasan perkebunan disambungkan, dengan kawasan-kawasan pariwisata disambungkan,” kata Presiden Jokowi dikutip beritabernas.com dari siaran pers Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Ruas Jalan Tol Sayung-Demak sepanjang 16,01 kilometer dan menghabiskan biaya sebesar Rp 5,9 triliun tersebut siap digunakan. Keberadaan ruas jalan tol tersebut memiliki sejumlah manfaat, salah satunya dapat meningkatkan efisiensi transportasi logistik.

Presiden Jokowi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menteri PUPR Basuki Hadimoelyono serta sejumlah pejabat foto bersama di gerbangn Tol Semarang-Demak. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

“Manfaat jalan tol betul-betul akan memberikan kecepatan, baik dalam transportasi logistik maupun dalam membawa produk-produk produksi dari pertanian, perkebunan dan dari kawasan-kawasan industri yang kita miliki. Dengan kecepatan itu, efisiensi dan daya saing (competitiveness) dapat kita miliki,” kata Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengapresiasi pembangunan ruas Jalan Tol Sayung-Demak yang dapat bermanfaat sebagai tanggul laut untuk mengendalikan banjir di wilayah tersebut.

“Saya sangat menghargai Jalan Tol Sayung-Demak yang telah dibangun ini. Karena jalan tol ini juga sebagai tanggul laut, sehingga rob yang ke depan akan makin jauh dan levelnya akan makin tinggi masuk ke daratan karena perubahan iklim, sedikit bisa kita cegah dengan fungsi jalan tol sekaligus tanggul laut dari jalan yang telah dibangun ini,” ujar Presiden. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *