Ganjar Perkasa Nusantara, Kelompok Relawan Pendukung Capres Ganjar Pranowo Terbentuk

beritabernas.com – Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, kelompok relawan pendukung Capres Ganjar Pranowo di DIY terus bermunculan. Di antaranya adalah kelompok atau Paguyuban GPN (Ganjar Perkasa Nusantara).

Pembentukankelompok relawan atau Paguyuban GPN (Ganjar Perkasa Nusantara) ini dilakukan di kediaman dr Yohanes di Jalan Parangtritis Km 4,5 Yogyakarta, Senin 19 Juni 2023. Paguyuban yang beranggotakan tokoh masyarakat dengan latar belakang profesi yang beragam itu diketuai Stephanus Sunaryo.

Pengurus dan anggota Paguyuban GPN (Ganjar Perkasa Nusantara). Foto: Istimewa

Ketua Paguyuban GPN Stephanus Sunaryo yang dihubungi beritabernas.com, Senin 19 Juni 2023 malam, mengatakan, pembentukan kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo dengan nama Ganjar Perkasa Nusantara (GPN) ini atas dukungan dr Yohanes dan disepakati sejumlah tokoh, termasuk dirinya.

Hal ini berangkat dari niat baik da tekad yang kuat untuk memenangkan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Apalagi dari sekian nama bakal calon presiden, baru Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan yang sudah pasti maju dalam Pilpres 2024 karena PDI Perjuangan sebagai partai pengusung ditambah sejumlah partai pendukung seperti PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo sudah memenuhi ketentuan presidential threshold atau ambang batas suara minimal 20 persen untuk bisa mengajukan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, sebagaimana diatur dalam Pasal 222 Undang Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

BACA JUGA:

Dalam pasal itu disebutkan syarat suatu partai atau gabungan partai berhak mengajukan pasangan capres-cawapres minimal memiliki 20 persen suara di DPR RI. Sementara PDI Perjuangan sendiri sudah mengantongi 21 persen suara di DPR RI sehingga sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan UU Pemilu untuk mengajukan pasangan Capres-Cawapres 2024 meski tanpa dukungan partai lain.

Pengurus dan anggota Paguyuban GPN (Ganjar Perkasa Nusantara). Foto: Istimewa

“Para tokoh punya panggilan moral untuk mendukung dan bertekad memenangkan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Untuk memudahkan koordinasi dan menggalang banyak relawan pendukung maka dibentuklah Paguyuban GPN,” kata Stephanus Sunaryo.

Dengan terbentuknya GPN maka hingga saat ini di DIY sudah ada puluhan kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo, di antaranya Kita Ganjar Nusantara (KGN) dan sebagainya. Sementara secara nasional, jumlah kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo yang resmi terdaftar mencapai 350 lebih kelompok. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *