Ade Armando Dinilai Menista Sejarah Yogyakarta, Paman Usman Gelar Aksi ke Kantor PSI DIY

beritabernas.com – Paguyuban Masyarakat Ngayogyakarta untuk Sinambungan Keistimewaan (Paman Usman) akan melakukan aksi ke Kantor DPW PSI DIY pada Senin Senin 4 Desember 2023 mulai pukul 12.00 WIB. Sebelum ke Kantor PSI DIY, mereka akan berkumpul di parkiran belakang Pasar Bringharjo.

Aksi Paman Usman ini sebagai bentuk protes dan mengecam kader PSI Ade Armande yang dinilai telah menista sejarah Yogyakarta. Paman Usman mengecam keras pernyataan Ade Armando yang tidak memiliki dasar sejarah dan hukum serta memanipulasi fakta-fakta hukum terkait kedudukan Keistimewaan DIY.

“Pernyataan Ade Armando masuk kategori hoax yang patut diduga melanggar UU ITE tahun 2016, khususnya pasal 28 ayat 1 tentang penyebarluasan berita bohong dan menyesatkan serta pasal 28 ayat 2 tentang penyebarluasan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan,” kata Opa Juve dari Paman Usman dalam siaran pers yang diterima beritabernas.com, Minggu 3 Desember 2023 malam.

Dalam video pendek berdurasi 1 menit 28 detik yang diunggah di akun twitternya, Ade Armando, Pengurus DPP PSI (Partai Solidaritas Indonesia) menyerang keberadaan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sinis. Ia menyebut posisi Gubernur dijabat oleh Sultan tanpa melalui Pemilu sebagai pelanggaran konstitusi dan praktek politik dinasti adalah penistaan terhadap sejarah Daerah Istimewa. 

Ade Armando. Foto: tangkapan layar video di Twitter @AdeArmando61

Menurut Paman Usman, Ade Armando sama sekali tidak memahami bahwa konstitusi UUD 1945 bersifat lex spesialis. Keistimewaan DIY yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY adalah keniscayaan konstitusi dari Pasal 18 b ayat 1 UUD 1945 dimana Negara menjamin satuan-satuan pemerintah daerah yang bersifat khusus atau istimewa berdasarkan hak asal usul sebelum RI berdiri. Hal itulah yang menjadi dasar bahwa di DIY tidak ada pemilihan umum Gubernur/Wakil Gubernur melainkan melalui mekanisme penetapan Sultan dan Pakualam bertahta.

Undang-Undang Nomor 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY merupakan produk hukum yang dibahas dan diputuskan secara bersama-sama oleh Pemerintah RI dan DPR RI dalam dua periode masa jabatan DPR RI (periode 2004-2009 dan periode 2009-2014). Bukan hasil upaya Ganjar Pranowo seperti yang dituduhkan Ade Armando. 

Lamanya pengesahan RUU Keistimewaan DIY, menurut Paman Usman, justru memperlihatkan UU ini tidak muncul secara instan dan prematur api telah melalui banyak sekali forum dengar pendapat dan melewati banyak perdebatan.

BACA JUGA:

Ini sangat berbeda dengan proses yang dilakukan Mahkamah Konstitusi (MK) di bawah kepemimpinan Anwar Usman yang mengubah konstitusi persyaratan calon Presiden dan calon Wakil Presiden -meminjam istilah Hakim Konstitusi Saldi Isra-hanya sekelebat dalam hitungan hari” hukum dapat berubah.

Publik kemudian menengarai bahwa keputusan Anwar Usman sejatinya adalah untuk memberikan tiket bagi keponakannya mengikuti konstentasi Pilpres 2024. Hal inilah yang memicu kegaduhan publik dan menggugah keprihatinan masyarakat luas termasuk yang juga disuarakan aliansi mahasiswa Yogyakarta dalam aksinya di Titik Nol Kilometer Yogyakarta pada Rabu 29 November 2023 sebagai adanya upaya Presiden Jokowi membangun politik dinasti yang mencederai demokrasi.

Karena itu, Paguyuban Masyarakat Ngayogyakarta Untuk Sinambungan Keistimewaan (Paman Usman) akan mendatangi Kantor DPW PSI DIY, pada hari Senin 4 Desember 2023. Titik kumpul di parkiran belakang Pasar Bringharjo bersama-sama naik andong,” kata Opa Juve dalam undangan yang disebarluaskan melalui grupgrup whatsapp dan media lainnya. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *