Anggota Baru KSP CU Dharma Bakti Mendapat Pendidikan Tentang Keuntungan jadi Anggota

beritabernas.com – Setiap anggota baru Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Dharma Bakti mendapat pendidikan singkat tentang keuntungan dan manfaat menjadi anggota koperasi maupun hak-hak dan kewajiban sebagai anggota.

Pendidikan yang dilakukan pada awal menjadi anggota KSP CU Dharma Bakti itu dilakukan agar para anggota mengetahui dan memahami apa saja hak dan kewajiban anggota, apa saja manfaat dan keuntungan menjadi anggota koperasi serta apa saja produk-produk koperasi, baik simpanan maupun pinjaman yang bisa dimanfaatkan.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut maka para anggota bisa berpartipasipasi aktif untuk memajukan koperasi sekaligus meningkatkan kesejahteraan sebagai anggota koperasi.

Peserta bazar UKM di halaman Kantor KSP CU Dharma Bakti, Selasa 12 Desember 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Hal itu disampaikan Ketua KSP CU Theresia Supartinah Sunardi kepada beritabernas.com di sela-sela kegiatan pendidikan bagi anggota baru KSP CU Dharma Bakti di Kantor KSP CU Dharma Bakti Jalan Kabupaten Dusun Duwet, Desa Sendangadi, Kecamatan/Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, Selasa 12 Desember 2023.

Pendidikan yang diikuti sejumlah anggota baru tersebut merupakan rangkain kegiatan memperingati HUT ke-42 KSP CU Dharma Bakti tepat pada 31 Desember 2023 mendatang.

Pada kesempatan itu, Theresia Supartinah Sunardi yang akrab disapa Bu Tin menjelaskan berbagai produk simpanan, baik simpanan saham maupun non saham serta jenis pinjaman yang bisa dimanfaatkan oleh anggota. Bu Tin juga secara rinci menjelaskan sejarah berdirinya KSP CU Dharma Bakti maupun jaringan KSP CU Dharma Bakti di Indonesia maupun dengan negara-negara lain.

BACA JUGA:

Menurut Bu Tin, visi KSP CU Dharma Bakti adalah terwujudnya lembaga keuangan yang mandiri, profesional, legal dan terpercaya melalui swadaya, solidaritas dan pendidikan. Sedangkan misi KSP CU Dharma Bakti adalah membina sikap gotong royong dan kerja sama atas dasar saling percaya dalam membangun ekonomi anggota berbadasarkan prinsip koperasi.

“Jadi, tujuan menjadi KSP CU Dharma Bakti adalah untuk menolong diri sendiri dan orang/anggota lain,” kata mantan Kepala SD Kanisius Kadirojo, Desa Purwomartani, Kecamatan/Kapanewon Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY ini.

Bu Tin menyebutkan sejumlah jenis simpanan non saham anggota di KSP CU Dharma Bakti adalah Sibuhar (Simpanan Bunga Harian), Sipendik (Simpanan Pendidikan), Tahata (Tabungan Haria Tua) dan Sisuka (Simpanan Suka Rela Berjangka).

Bazar sembako murah di halaman Kantor KSP CU Dharma Bakti, Selasa12 Desember 2023. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Sementara produk pinjaman di KSP CU Dharma Bakti, menurut Bu Tin, adalah Pinjaman Biasa/Umum, Pinjaman Khusus, Pinjaman Mikro, Pinjaman Sebrakan, Pinjaman Lunak, Pinjaman Kapitalisasi dan Pinjaman LPDB.

“Silahkan memanfaatkan produk-produk tersebut sesuai kemampuan dan kebutuhan demi meningkatkan kesejahteraan,” ajak Bu Tin seraya menambahkan bahwa dalam memanfaatkan produk pinjaman setiap anggota bisa mengukur kemampuan membayar angsuran agar lancar tanpa kesulitan atau hambatan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *