Bagus D Setyawan Berpendapat Eksis atau Tidaknya Batik Tergantung Para Pewarisnya

beritabernas.com – Seniman dan pengusaha muda Bagus D Setyawan berpendapat eksis atau tidaknya batik sangat tergantung para pewarisnya. Para pewaris yang dimaksud adalah pengusaha batik, pengrajin, pengguna, pecinta batik dan sebagainya.

Bila para pewaris tetap setia dan konsisten menggunakan batik, mempromosikan dan membuat batik, menurut Bagus D Setyawan yang merupakan putra dari Hamzah HS, seorang tokoh di balik Hamzah Batik dan Raminten ini, maka batik yang sudah diakui dunia itu akan tetap eksis.

Menurut Bagus D Setyawan yang dipercaya mengomandani usaha Hamzah Batik dan Raminten, saat ini batik masih bisa eksis karena para pewarisnya masih menjaga, melestarikan dan memaknai keberadaan batik sebagai warisan budaya dan identitas.

Bagus D Setyawan. Foto: Dok pribadi

Bahkan batik sudah menjadi pakaian sehari-hari oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya di Pulau Jawa tapi juga luar Jawa bahkan luar negeri. Menurut Bagus D Setyawan, inovasi-inovasi pemakaian batik itu sangat bagus karena dampaknya bisa diterima generasi muda.

Dengan cara itu, menurut seniman dan pengusaha muda Bagus D Setyawan, batik akan terus tersampaikan atau terwariskan kepada generasi-generasi berikutnya.

BACA JUGA:

Bagus D Setyawan memberi contoh kegiatan edukasi yang dilakukan Hamzah Batik kepada anak-anak atau generasi muda.

Dalam kegiatan edukasi itu, Hamzah Batik mengundang anak-anak sekolah dasar sebagai peserta. Mereka diajak untuk mengenal batik dengan cara yang asyik sehingga tertanam jiwa suka dan cinta batik pada anak-anak.

Dengan demikian, maka kemungkinan besar batik akan terus eksis sampai kapan pun. “Kuncinya tadi adalah ada pada generasi pewarisnya,” kata Bagus D Setyawan yang mengaku sangat mencintai batik. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *