Bantu Pelaku Usaha di Sektor Pertanian, Presiden Jokowi Luncurkan Taksi Alsintan

beritabernas.com – Untuk membantu petani mendapatkan alat dan mesin pertanian secara mandiri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan taksi alsintan (alat mesin pertanian) di Gresik, Jawa Timur, Minggu 21 Agustus 2022.

Menurut Presiden Jokowi, taksi alsintan merupakan program untuk membantu menyediakan alat dan mesin pertanian secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitasi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sejumlah alat dan mesin pertanian berupa rice mill unit (RMU), dryer, combine harvester, traktor. Foto: Twitter@jokowi

“Saya kira akan banyak petani dari daerah yang mau membeli alat dan mesin pertanian berupa rice mill unit (RMU), dryer, combine harvester, traktor dan lain-lain dengan pola taksi alsintan,” kata Presiden Jokowi dikutip beritabernas.com di akun twitternya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meluncurkan lumbung pangan (food estate) berbasis mangga yang sudah tertata dengan baik di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Presiden berharap produksinya tidak hanya untuk kebutuhan dalam negeri, tetapi juga bisa diekspor ke luar negeri seperti Timur Tengah, Tiongkok, Jepang, hingga Eropa.

“Lumbung pangan berbasis mangga ini layak dikembangkan di sejumlah daerah di Tanah Air yang kira-kira memiliki kondisi lahan marginal yang cocok untuk mangga,” kata Presiden Jokowi.

Sebelum ke Gresik, Presiden berkunjung ke Pasar Pucang Anom, Surabaya untuk menyerahkan bantuan langsung kepada para penerima manfaat. “Pagi ini saya ke Gresik dan Sidoarjo untuk meluncurkan lumbung pangan serta membagi sertifikat tanah untuk rakyat,” kata Presiden Jokowi. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *