Usia 17 Tahun, Timothy Dillan Lulus Magister Informatika FTI UII dengan Predikat Cumlaude

beritabernas.com – Sempurna. Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan prestasi yang diraih Timothy Dillan, lulusan Program S2 atau Program Magister Informatika FTI UII tahun 2023.

Betapa tidak, dalam usia belia yang baru 17 tahun (kelahiran Denpasar, Bali, 10 November 2005), Timothy Dillan lulus Program S2/Magister Informatika FTI UII dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dengan angka sempurna 4.00 dan mendapat predikat Cumlaude.

Bersama 686 lulusan UII lainnya, Timothy Dillan diwisuda pada periode V tahun akademik 2022/2023 di Auditorium KH Abdulkahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII, pada 27 Mei 2023.

“Alhamdulillah, Magister Informatika FTI UII kian memantapkan diri untuk terus meningkatkan kontribusi dalam pengembangan pendidikan dan melahirkan lulusannya. Timothy Dillan adalah salah satu mahasiswa kebanggaan kami. Saat diwisuda UII periode Mei 2023, selain cumlaude, ia juga meraih IPK 4.00 juga di usia masih belia. Teruslah belajar menempuh pendidikan dan meraih gelar hingga jenjang tertinggi,” kata Irving Vitra Paputungan ST MSc PhD, Ketua Program Studi Informatika Program Magister, FTI UII, dalam jumpa pers secara daring, Jumat 16 Juni 2023.

Timothy Dillan menyelesaikan Program S2/Magister Informatika FTI UII dengan penelitian tentang Pemodelan Topik dengan Latent-Dirichlet Allocation untuk Penemuan State-of-the-Art dalam Keilmuan.

BACA BERITA TERKAIT: Ditemukan Sebuah Perangkat Lunak yang Membantu Peneliti Menemukan State-of-The-Art

Menurut Dhomas Hatta Fudholi ST M.Eng PhD, Dosen Pembimbing & Ketua Program Studi Informatika Program Sarjana FTI UII, penelitian yang dilakukan Timothy Dillan telah mendapatkan rekognisi internasional dengan publikasi karya ilmiah di Jurnal IEEE dengan tingkat Q1.

“Konsentrasi Data Science di Magister Informatika UII, terus bertekad untuk mencetak lulusan pemungkin solusi terbaik di bidang Sains Data. Alhamdulillah, implementasi keilmuan Sains Data yang terkait dengan suatu model pencarian state-of-the-art dapat diwujudkan oleh salah satu mahasiswa terbaik kami, Timothy Dillan,” kata Dhomas Hatta Fudholi bangga.

Sebelum melanjutkan studi S2/Magister Informatika FTI UII pada September 2021-Pebruari 2023, Timothy Dillan menyelesaikan studi S1 di Coventry University Singapur pada Januari 2019-Juni 2021 dengan meraih gelar Bachelor of Science with Honours in Computer Science.

Anak kedua dari dua bersaudara dari pasangan ayah Sabar dan Ibu Lidia ini menyelesaikan SD dan SMP di Cendikia Harapan Bali. Kemudian dia mengikuti ujian IGSCE setara SMA agar bisa kuliah/masuk perguruan tinggi. “Jadi, saat SMP saya langsung akselerasi untuk ujian yang setara SMA yang diakui universitas di luar (negeri,red),” kata Timothy Dillan ketika dihubungi beritabernas.com, Minggu 18 Juni 2023.

Menurut Timothy Dillan, setelah selesai S1, ia tetap mengikuti ujian SMA di Indonesia untuk melengkapi ijazah formal yang diakui di Indonesia.

Dalam usia yang masih sangat muda, adik dari Sheena Abigail ini telah menghasilkan banyak karya dan prestasi internasional.

Timothy Dillan (kanan), lulusan Prodi Informatika, Program Magister FTI UII. Foto: Jerri Irgo

Sejak Agustus 2021 hingga sekarang, Timothy Dillan menjadi Software Engineer di Tokopedia Jakarta, dengan membangun dan mengelola fitur berskala besar yang berkaitan dengan mesin inti promosi di Tokopedia.

Ia juga memimpin dan mengelola 10 lebih proyek yang membantu meningkatkan metrik Total Payment Value (TPV) terkait promosi, mengurangi penggunaan biaya dan mangakselerasi berbagai proses bisnis.

Sebelumnya, pada 2017-2021, Timothy Dillan sebagai Mobile App dan Website Developer di Cendekia Harapan Bali dengan membangun situs web Cendekia Harapan menggunakan WordPress (https:// www.cendekiaharapan.sch.id/), memanfaatkan basis data NoSQL dan SQL waktu nyata untuk penyimpanan serta framework seperti CodeIgniter dan Laravel untuk pembangunan sistem manajemen akademik.

Selai itu, Timothy Dillan memimpin 5 lebih proyek otomasi yang melibatkan sistem tersemat dan IoT, mengurangi sekitar 4 jam pekerjaan manual untuk aktivitas sehari-hari. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *