Bentuk Pribadi Berkarakter, MTsN 3 Bantul Kukuhkan Anggota Pramuka

beritabernas.com – Sebagai upaya membentuk pribadi berkarakter, “Madrasah Hijau” MTsN 3 Bantul mengukuhkan 160 anggota pramuka Penggalang yang baru di Lapangan Wukirsari Imogiri Bantul, Sabtu 30 September 2023.

Pengukuhan disaksikan Ketua Gudep Drs Sutanto, Waka Humas, M Nukman Hamid SS MPd, Pembina Satuan, Umi Salasah, Elfa Dwi, para wali kelas 7, Cikal Asa Lumumba (Alumni) dan Dewan Penggalang.

Sugeng berpesan agar para penggalang mampu mempertanggung jawabkan posisinya sebagai Anggota Pramuka Penggalang, baik melalui perkataan, pikiran dan perbuatan sehari-hari. Karenanya tidak boleh melanggar Kode Etik atau Kode Kehormatan Gerakan Pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Dharma seperti yang sudah ditetapkan. Dan tak kalah penting harus tetap aktif dalam latihan rutin di Gugus Depan dan haruslah selalu bersedia apabila diberikan tugas dari Gugus Depan. 

Kamabigus mengingatkan agar penggalang yang dikukuhkan tidak melanggar kode kehormatan Gerakan Pramuka dan ketentuan adat Gugus Depan.

Ketua Gudep Drs Sutanto bersama Waka Humas Pembina Satuan foto bersama pada pengukuhan pramuka penggalang MTsN 3 Bantul. Foto: Istimewa

“Ingatlah, jika sampai adik-adik melanggar ketentuan maka akan mendapatkan sanksi dari Gugus Depan. Sanksinya bisa teguran dari Pembina, peringatan tertulis dengan diketahui oleh Orang Tua atau Wali. Dan  apabila kedua sanksi di atas tidak diindahkan, maka yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi dikeluarkan dari anggota Pramuka,” tandas Sugeng.

Sutanto menambahkan, penggalang yang dikukuhkan merupakan siswa kelas 7. Mereka telah melalui pembekalan selama dua bulan melalui latihan rutin. Bentuk kegiatan diawali dengan mendirikan tenda di lapangan Wukirsari, pengukuhan oleh Kamabigus, materi kepenggalangan dan Pos Kuis.

“Pengukuhan dalam bentuk perkemahan dengan praktik mendirikan tenda akan melatih mereka bekerjasama dalam regu, bekerja secara kelompok mengesampingkan egoisme. Dengan demikian membentuk pribadi yang berkarakter,”pungkas Sutanto.

Seluruh peserta mengikuti rangkaian kegiatan dengan antusias. Mereka terlihat cukup senang dan tak sabar nantinya bisa mengikuti kemah yang sesungguhnya di semester depan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *