Reuni Geo83 UGM Ajang Membuka Optimisme Mahasiswa Tentang Peluang Kerja di Masa Depan

beritabernas.com – Momen reuni alumni 1983 Fakultas Teknik Jurusan Geologi UGM merupakan ajang untuk memberi optimisme kepada para mahasiswa akan peluang kerja di masa depan. Optimisme itu penting mengingat setiap tahun ada sekitar 2.000 lulusan baru Jurusan Geologi dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

“Mereka harus bersaing untuk mengisi pasar kerja bidang ilmu Geologi maupun di luar bidang ilmu yang ditekuni di bangku kuliah. Karena faktanya lulusan Jurusan Geologi bisa bekerja di bidang apapun, bahkan ada yang bekerja di perbankan dan wartawan,” kata Anif Punto Utomo, Ketua Geo83, kepada wartawan di Kampus Fakultas Teknik UGM, Sabtu 30 September 2023.

Anif Punto Utomo, Ketua Geo83 (kiri) bersama Adi Mulyono (kanan) saat memberi keterangan kepada wartawan. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Reuni kali ini dengan spirit berbagi, para alumni Geologi yang hadir dari semua angkatan melakukan kegiatan bakti sosial seperti operasi katarak, operasi bibir sumbing dan sebagainya, dihadiri sekitar 400 alumni. Puncak acara reuni digelar pentas seni/hiburan di Kampus Fakultas Teknik UGM, Sabtu 30 September 2023 malam.

Menurut Anif Punto Utomo, reuni alumni Geologi UGM yang diprakarsai angkatan 1983 membuka wawasan bagi mahasiswa tentang geothermal, minyak dan gas, mineral dan media komunikasi. Selain itu, mahasiswa geologi juga bisa bekerjasama dengan Geo83 untuk mendukung pembelajaran di luar kampus.

BACA JUGA:

Sebab, selama kuliah mereka sudah mendapatkan teori. Lalu para alumni yang sudah bekerja membuka wawasan mahasiswa tentang peluang kerja ke depan bagi lulusan Geologi. Apalagi, saat ini, ada 35 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Program Studi (Prodi) Geologi. Jika setiap perguruan tinggi rata-rata meluluskan 60 orang per tahun, maka setiap tahun ada 2.100 lulusan geologi.

“Apakah semua lulusan itu dapat tertampung di jalur yang terkait dengan geologi? Karena itu, kami merasa perlu menggelar Geo-83 UGM Goes to Campus. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa mendapatkan gambaran dan pengetahuan mengenai berbagai bidang pekerjaan Geologi/Teknik Geologi termasuk peluang dan tantangan pada situasi terkini,” kata Anif Punto yang sempat bekerja sebagai wartawan. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *