Coffee Morning Lecture, Upaya FTSP UII Menepis Kesan Perguruan Tinggi sebagai Menara Gading

beritabernas.com – Sejak awal bulan Pebruari 2023, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII membuat gebrakan dengan menggelar acara Coffee Morning Lecture atau kuliah pagi sambil ngopi-ngopi.

Acara Coffee Morning Lecture diadakan rutin setiap bulan di Kampus FTSP UII dengan mengangkat tema-tema atau masalah aktual terkait kebijakan pemerintah yang menyangkut kepentingan rakyat banyak dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang masing-masing.

Menurut Dekan FTSP UII Dr.Ing Ir Ilya Fadjar Maharika MA IAI, selain untuk mengkritisi kebijakan pemerintah terkait berbagai masalah yang menyangkut kepentingan publik, acara Coffee Morning Lecture yang dikemas dalam suasana santai namun tetap serius (materi dan narasumber tetap berbobot) itu, juga untuk menepis kesan bahwa perguruan tinggi seperti menara gading, yakni jauh dari kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Dekan FTSP Dr-Ing Ilya Fajar Maharika. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

“Selama ini perguruan tinggi sering dituduh menjadi menara gading dan tuduhan itu memang tidak mengada-ada, banyak buktinya juga. Menurut saya tuduhan ini mempunyai dua sisi, di antaranya adalah memang ada jarak, misalnya dalam hal bahasa akademik yang sulit dipahami masyarakat karena dibangun atas otonomi akademik dan ilmiah. Karena itu, melalui coffee morning lecture yang dikemas dalam suasana santai, kita berusaha belajar bersama tentang berbagai masalah yang terkait kepentingan publik dengan bahasa yang sederhana, bukan bahasa langitan akademik, sehingga mudah dipahami oleh masyarakat,” kata Ilya Fadjar Maharika.

Dalam acara coffee morning lecture ini, topik yang diangkat bermacam-macam. Pada acara coffee morning lecture pada bulan Pebruari 2023 mengangkat topik Prospek dan Tantangan Penerapan Hydropower di Indonesia dengan menghadirkan narasumber/panelis R Surahman M.Tech M.Eng, pensiunan direksi di sebuah BUMN dan Shakti Rahadiansyah dari PPK Perencanaan dan Program Balai Besar Sungai Serayu Opak.

BACA JUGA:

Kemudian, pada acara coffee morning lecture bulan Maret 2023 mengangkat topik Tol Laut dan Kebijakan Mobilitas Nasional di Masa Depan dengan menghadirkan narasumber Pramusinto SE MM, Direktur Keuangan PT PP Semarang Demak dan Novik Kurohman ST MSc, HRD Kementerian PUPR RI.

Kemudian, pada acara coffee morning lecture 30 Mei 2023 (bulan April absen karena libur panjang Idul Fitri, red) mengangkat tema Membangun Kampung dan Cetak Biru Kebijakan Perumahan Indonesia menghadirkan narasumber Titik Efianti dan Yudha Prasetyo, keduanya dari YPA Architecture Studio, dan Salahudin Rasyidi, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III Ditjen Perumahan.

Menurut Ilya Fadjar Maharika, dengan dukungan pemberitaan di media-media yang meliput acara coffee morning lecture diharapkan materi yang dibahas atau diperbincangkan bisa dipahami masyarakat karena menggunakan bahasa yang sederhana. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *