Di KTT Khusus ASEAN-AS, Presiden Jokowi: Hentikan Perang di Ukraina Sekarang Juga

beritabernas.com – Tegas dan lugas. Itu yang dilakukan Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) di forum KTT Khusus ASEAN-AS di Washington DC, AS pada Jumat 13 Mei 2022 waktu setempat. Dalam forum yang dihadiri Presiden AS Joe Biden itu, Presiden Jokowi secara tegas menyerukan hentikan perang di Ukraina sekarang juga.

Menurut Presiden Jokowi, setiap negara dan setiap pemimpin bertanggungjawab menciptakan enabling environment agar perang dihentikan dan perdamaian terwujudu.

“Berbicara di KTT Khusus ASEAN-AS di Washington DC kemarin, saya menyerukan: hentikan perang di Ukraina sekarang juga! Dunia tak punya pilihan lain. Setiap negara, setiap pemimpin, bertanggung jawab menciptakan enabling environment agar perang dihentikan dan perdamaian terwujud,” cuit Presiden Jokowi dikutip beritabernas.com di akun twitternya.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa saat dunia seharusnya segera pulih dari pandemi Covid-19, dunia malah menghadapi masalah perang di Ukraina. Saat dunia membutuhkan kerja sama dan kolaborasi, justru rivalitas dan konfrontasi makin menajam. Saat dunia membutuhkan multilateralisme yang makin kokoh justru unilateralisme.

“Untuk itu, perlu beberapa hal di antaranya kerja sama pembangunan sistem deteksi dini yang lebih efektif serta kemandirian industri kesehatan kawasan. AS dapat berperan di sini melalui dukungan investasi, kerja sama riset, transfer teknologi dan akses ke bahan baku produksi,” kata Presiden Jokowi. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *