Di LLDikti Wilayah V DIY Baru Ada 3 Guru Besar bidang Teknik Industri, 2 dari UAJY

beritabernas.com – Kepala LLDikti Wilayah V DIY Prof drh Aris Junaidi PhD mengatakan hingga saat ini bahwa di LLDikti Wilayah V baru memiliki 3 guru besar dalam bidang keilmuan Teknik Industri, 2 di antara di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan 1 lagi di UII.

Dua Guru Besar Teknik Industri UAJY adalah Prof Dr Eng The Jin Ai ST MT dan Prof Dr Paulus Wisnu Anggoro ST MT. Keduanya menerima Surat Keputusan (SK) tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Auditorium Kampus II Gedung Thomas Aquinas UAJY, Selasa 18 April 2023.

BACA JUGA:

“Proses pengajuan guru besar merupakan suatu hal yang tidak mudah, sehingga pencapaian menjadi guru besar ini merupakan suatu hal yang luar biasa. Di LLDikti Wilayah V, baru memiliki 3 guru besar dalam bidang keilmuan Teknik Industri yaitu Pak The Jin Ai dan Pak Wisnu serta satu dari UII,” kata Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V Yogyakarta Prof drh Aris Junaidi PhD pada acara penyerahan SK Guru Besar bagi kedua Dosen Teknik Industri UAJY, dikutip dari rilis yang diterima beritabernas.com.

Dua Guru Besar baru UAJY (pegang SK) foto bersama Rektor UAJY Dr G Sri Nurhartanto SH LLM (kedua dari kiri) dan Kepala LLDikti Wilayah V Prof drh Aris Junaidi PhD (paling kiri). Foto: Istimewa

Menurut Rahman Hakim SE, Penyelia Sumber Daya Perguruan Tinggi LLDikti Wilayah V yang membacakan SK Kemendikbud Ristek, Prof Dr Eng The Jin Ai ST MT dan Prof Dr Paulus Wisnu Anggoro ST MT menjadi profesor dalam bidang ilmu Teknik Industri terhitung mulai 1 Februari 2023. 

Prof The Jin Ai mengaku sangat bersyukur atas penerimaan SK tersebut setelah melalui lima kali penilaian dan membutuhkan proses dari tahun 2019. Selain itu, ia berharap agar kenaikan jabatan ini dapat berkontribusi pada Teknik Industri Indonesia agar berkembang di dunia internasional.

“Sejak selesai doktor tahun 2008, saya memilih salah satu bidang keilmuan Teknik Industri yaitu body and encore system engineering yang disebut dengan operation and analysis. Bidang ini tercermin dalam jurnal saya yaitu Computer and Industrial Engineering pada tahun 2009,” kata Thee Jin Ai. 

Sementara Prof Paulus Wisnu Anggoro juga sangat bersyukur karena selalu bertemu dengan orang-orang yang mengajaknya untuk terus belajar. Ia mengatakan bahwa UAJY merupakan nilai hidup dan membuatnya tetap bertahan sampai saat ini dengan mengabdikan dirinya sebagai dosen.

Rektor UAJY Dr G Sri Nurhartanto SH LLM menyerahkan SK Guru Besar kepada Prof Paulus Wisnu Anggoro. Foto: uajy.ac.id

“Harapan saya kepada bapak dan ibu dosen mari kita berkolaborasi dan berkarya untuk kepentingan riset,” ungkap Prof Wisnu.

Jurnal yang dibuat Prof Wisnu membahas mengenai pengembangan produk implan, salah satunya adalah ceramic jewelry with texture and ornament islamic pattern and batik Indonesia. “Saya merasa keramik merupakan salah satu produk di Indonesia yang tidak mau menggunakan teknologi modern dan di situ saya memasukkan unsur budaya batik,” kata Prof Wisnu.

Rektor UAJY Dr G Sri Nurhartanto SH LLM mengungkapkan bahwa dengan tambahan dua guru besar baru dapat menjadi motivasi bagi dosen lain di UAJY dan dapat mendatangkan banyak riset yang didanai oleh pihak eksternal untuk memberdayakan dan mengakselerasi yang ada dalam universitas. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *