DKR Kwartir Ranting Depok Menyelenggarakan KPDK 2024

beritabernas.com – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Depok, Sleman melalui Dewan Kerja Ranting (DKR) menyelenggarakan Kursus Pengolahan Dewan Kerja (KPDK) 2024. KPDK dilaksanakan di SD Negeri Babarsari, Caturtunggal, Depok, Sleman, pada hari Sabtu 29 Juni 2024.

BACA JUGA:

Agung Budi Putranto MT, Waka Binamuda Kwartir Ranting Depok, yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan selamat kepada DKR yang dapat menyelenggarakan kegiatan KPDK. Sebab, ini merupakan salah satu upaya membentuk karakter dan kepribadian setiap Pramuka dengan memahami, mengetahui dan melaksanakan proses perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi sebuah kegiatan dengan tetap menjalin kordinasi dan komunikasi dengan Pramuka Dewasa sehingga Dewan Kerja serta organisasi dapat berjalan sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. 

Pembukaan KPDK Kwartis Ranting Depok. Foto: Agung BP

Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai bentuk kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuannya untuk mencapai hasil akhir pembentukan karakter dan kepribadian yang baik. Untuk mewujudkan hasil akhir tersebut Gerakan Pramuka menyelenggarakan salah satu kegiatan yang dinamakan Pelatihan Dewan Kerja Pramuka Penegak.

Pelatihan Dewan Kerja Pramuka Penegak bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kepemimpinan, ketrampilan dan pemahaman anggota Dewan Kerja Pramuka Penegak agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal. Pelatihan ini mencakup aspek teknis, manajerial, dan pengembangan pribadi.

Pada kesempatan KPDK tahun 2024 sebagai narasumber Anugrahesa Tegar JA selaku andalan Satuan Karya Keartir Ranting Depok dengan mengisi materi tentang Kepemimpinan, manajemen organisasi dan Pembuatan Proposal serta Kegiatan Kemitraan. Selain itu, Ridwan Ika Purwoko dari Master Trainer CSR SERA Cerdas dengan materi Metode Growth Mindset.

Pemberian materi kursus dari tim SeRa. Foto: Agung BP

Harapan dari kegiatan KPDK yang telah terlaksana antara lain, dapat memperkuat pemahaman tentang peran dan tanggung jawab Dewan Kerja Pramuka Penegak, mengembangkan keterampilan tekhnis dan praktis yang dibutuhkan dalam menjalankan program Pramuka Penegak, meningkatkan kerjasama dan kekompakan tim dalam Dewan Kerja Pramuka Penegak.

Selain itu, menjadikan pelatihan ini sebagai modal untuk menambah pengetahuan serta wawasan Dewan Kerja Pramuka Penegak, memberikan kesempatan kepada Pramuka Penegak dalam pengembangan bakat kepemimpinan dalam rangka upaya pengembangan pribadi dan pengabdiannya. (*/lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *