Dr Raden Stevanus jadi Salah Salah Satu Pembicara dalam Festival Pemilu Roadshow 2024

beritabernas.com – Dr R Stevanus Christian Handoko S.Kom MM dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tampil sebagai salah satu pembicara dalam rangkaian Festival Pemilu Roadshow 2024: Kenali Sebelum Memilih di SiNERGI Co-Working Space Yogyakarta, Minggu 28 Januari 2024.

Selain Dr Stevanus yang merupakan Anggota DPRD DIY dari PSI dan Caleg PSI nomor urut 05 Dapil Kota Yogyakarta, juga tampil sebagai pembicara adalah Caleg DPRD DIY dari PKB Mohammad Rosul S.Sos dan Cintya Amanda Labetta Arie Seno SH, Caleg dari PDI Perjuangan dari Dapil V dengan moderator Hadza Min Fafhli Robby MSc, akademisi HI FPSB UII.

Festival Pemilu Roadshow 2024: Kenali sebelum Memilih ini diadakan atas hasil kolaborasi Bijak Memilih dengan Lab Demokrasi, Yayasan LKiS serta Koalisi Lintas Isu Jogja. Festival ini merupakan rangkaian acara yang diadakan Bijak Memilih di beberapa kota besar di Indonesia sebagai ruang perkenalan, pertemuan, dan dialog antara masyarakat dengan calon legislatif, khususnya orang muda. 

Para narasumber, moderator dan peserta Festival Pemilu Roadshow 2024: Kenali Sebelum Memilih di SiNERGI Co-Working Space Yogyakarta, Minggu 28 Januari 2024 foto bersama. Foto: Dok pribadi

Dalam festival tersebut, ketiga politisi sebagai pembicara menyampaikan ide terkait lingkungan, pendidikan dan ekonomi di DIY. Caleg DPRD DIY Dapil Kota Yogyakarta Nomor Urut 5 dari PSI Dr Stevanus Christian Handoko menjabarkan mengenai isu pendidikan, ekonomi dan lingkungan (pengelolaan sampah).

Stevanus menuturkan bahwa pendidikan terbuka harus semakin diperhatikan mengingat bahwa pendidikan sendiri merupakan salah satu landasan untuk membangun suatu daerah agar lebih baik lagi.

“Pendidikan menjadi salah satu kunci untuk mencapai kesejahteraan. Melalui perbaikan akses pendidikan yang lebih terbuka dan dapat diakses oleh semua pihak maka akan mendorong perbaikan kesejahteraan di masyarakat,” ujar Dr Stevanus.

Dikatakan, kemudahaan akses termasuk juga bagi penyandang disabilitas yang ada di tengah-tengah masyarakat. Pemerintah diharapkan mengembangkan pendidikan yang juga ramah bagi kalangan yang memiliki keterbatasan (disabilitas).

Sementara Politisi PKB Mohammad Rosul memaparkan materi terkait pengawasan lembaga DPRD. Ia meminta masyarakat mendukungnya jika terpilih untuk bersama melakukan pengawasan atau kinerja eksekutif.

BACA JUGA:

“Saya tidak mungkin sendiri dalam melakukan pengawasan tanpa ada dukungan masyarakat, masyarakat diharapkan berperan aktif memberikan informasi tentang kekurangan terhadap kinerja pemerintah,” kata Mohammad Rosul.

Sementara Caleg Dapil V Chintya Labetta menekankan tentang isu ekonomi. Ia berpendapat bahwa salah satu solusi yang perlu diperhatikan adalah memberikan pekerjaan yang tidak membebani seorang ibu ketika dia masih harus merawat anaknya.

“Hal ini dapat dilakukan dengan pendekatan UMKM dan berbagai macam pelatihan, seperti pelatihan memasak, menjahit, dan pelatihan konten (produksi konten) yang juga berguna bagi para ibu,” ujarnya.

Dr Stevanus Christian Handoko S.Kom MM selaku petahana yang juga ikut dalam kontestasi pemilu 14 Feb 2024 menambahkan pentingnya penguatan peran anggota DPRD DIY melalui kewenangan yang melekat pada anggota DPRD seperti penguatan regulasi (Perda), pengawasan hingga terkait dengan anggaran. 

Dr Stevanus Christian Handoko S.Kom MM mengapresiasi anak-anak muda yang terlibat dalam kepanitian termasuk yang terlibat aktif dalam kegiatan ini. Gerakan seperti ini perlu terus dilakukan dan tetap melibatkan generasi muda sebagai salah satu komponen penting pembangunan di masa yang akan datang. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *