Dr Raden Stevanus Christian Handoko, Caleg DPRD DIY dari PSI pada Pemilu 2024

beritabernas.com – Setelah sukses meraih satu-satunya kursi DPRD DIY dari Partai Solidaritasi Indonesia (PSI) pada Pemilu 2019 lalu, Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM kembali maju sebagai calon legislatif (Caleg) DPRD DIY pada pemilu 2024 mendatang.

Dr Raden Stevanus Christian Handoko, politikus muda dan anggota DPRD DIY (2019-2024) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kembali maju pada Pemilu 2024 melalui PSI, di daerah pemilihan (Dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta 1 yang meliputi seluruh kemantren/kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta. 

Berdasarkan hasil pengumuman KPU DIY, Dr R Stevanus Christian Handoko S.Kom MM mendapatkan nomor urut 5 dari PSI di Dapil DIY 1. Sebagai politikus muda di DIY dalam pemilu 2024, ia mendapat kesempatan untuk kembali maju dalam kontestasi Pemilu di Dapil Daerah Istimewa Yogyakarta 1 dari Partai Solidaritas Indonesia dengan nomor urut 5. 

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM (baju merah) bersama para driver ojek online. Foto: Dok pribadi

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM merupakan politisi muda asli Yogyakarta. Ketika menjadi mahasiswa di Yogyakarta, putera ketiga dari 3 bersaudara dari orangtua yang berasal dari Yogyakarta ini aktif terlibat dalam berbagai organisasi kemahasiswaan seperti Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika sebagai Ketua, Sekretaris Umum Badan Eksekutif Mahasiswa, Ketua MPPI hingga bergabung dalam Presidium Forum Mahasiswa Jogjakarta. 

Dr Stevanus mengawali karier professional sebagai engineer di perusahaan teknologi informasi dan komunikasi sejak 2007. Kariernya di industri teknologi informasi dan komunikasi khususnya di perusahaan telekomunikasi sangat moncer. Diawali di posisi engineer hingga posisi managerial level. 

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM berorasi saat menerima demonstran di Gedung DPRD DIY. Foto: Dok pribadi

Bekerja di perusahaan seperti ADINS, ZTE, Huawei, Telkom Group, Moratelindo hingga XL Axiata memberikan pengalaman dan wawasan yang sangat luas bagi Dr Raden Stevanus. Pengalaman yang cukup panjang ini mendorong gagasan pentingnya transformasi digital di segala sektor termasuk di sisi pemerintahan.

Tidak hanya pengalaman profesional, setelah menyelesaikan S1 di bidang Teknik Komputer di UKDW, Stevanus pun melanjutkan pendidikan hingga Doktoral. Menamatkan gelar Magister Management dan Doktoral Strategic Management di Universitas Trisakti dengan predikat cum laude. Bahkan untuk Doktoralnya, ia mendapatkan beasiswa dari Universitas Trisakti. 

Sebagai anggota DPRD DIY periode 2019-2024 satu-satunya dari Partai Solidaritas Indonesia, Dr Stevanus mengawali ketugasan sebagai anggota Komisi A dan Badan Pembentuk Peraturan Daerah dan Sekretaris Fraksi Gabungan. Kemudian setengah periode hingga menjelang akhir masa jabatan mendapatkan ketugasan menjadi anggota Komisi D dan Badan Musyawarah. 

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM hadir di tengah-tengah warga. Foto: Dok pribadi

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM, sebagai politisi muda DIY memberi warna dalam pemerintahan DIY. Sebagai anak muda millennial dengan latar belakang pendidikan (S3) Doktoral Strategic Management, berpengalaman di bidang teknologi informasi dan komunikasi serta managerial Dr Stevanus berupaya mendorong adanya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mempercepat pencapaian kesejahteraan bagi masyarakat secara luas. Salah satu bentuknya adalah mendorong adanya Perda Jogja Smart Province. 

BACA JUGA:

Perda Jogja Smart Province diyakini sebagai salah satu Perda yang sesuai dengan kondisi Masyarakat 5.0 yang saat ini tumbuh berkembang. Anak muda, generasi millennial dan Gen-Z dekat dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sehingga akan sangat terbantu jika Perda Jogja Smart Province terbentuk. Itu salah satu yang diperjuangkan Dr Stevanus sebagai politisi muda DIY.  

Selain hal tersebut, yang menjadi catatan sejarah penting perjalanan karir politiknya, Dr Stevanus menjadi salah satu team yang berhasil menggolkan adanya Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Perda ini menjadi satu-satunya perda di Indonesia terkait dengan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Dr Raden Stevanus Christian Handoko S.Kom MM saat berkunjung ke Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Foto: Dok pribadi

Pada Pemilu 2024, Dr Stevanus sebagai politisi muda DIY tetap optimis mendapatkan dukungan dari pemilih millennial dan Gen-Z di Kota Yogyakarta. Berdasarkan data dari KPU DIY terdapat 143 ribu pemilih atau lebih dari 45 persen pemilih berasal dari generasi millennial dan Gen-Z. 

“Saya mengajak anak muda, millennial dan Gen-Z untuk terlibat aktif dalam pesta demokrasi ini. Suara generasi muda, millennial dan Gen-Z menentukan arah pembangunan selanjutnya,” kata Stevanus. 

Dr Stevanus menjadi salah satu anggota DPRD DIY periode 2019-2024 yang berusia muda dari generasi anak muda millennial. Sehingga dalam keseharian, Anggota DPRD DIY dari Partai Solidaritas Indonesia ini kerap dipanggil dengan Masbro Steve. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *