FBE UII Resmikan Galeri Investasi

beritabernas.com – Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) UII meresmikan Galeri Investasi di Kampus FBE UII Condongcatur, Depok, Sleman, pada Selasa 5 Maret 2024. Galeri investasi ini menjadi sarana untuk memperluas pengetahuan dan minat mahasiswa terhadap pasar modal.

“Peresmian Galeri Investasi ini menjadi tonggak sejarah dalam rangkaian upaya FBE UII untuk memberikan pendidikan finansial yang holistik kepada mahasiswa maupun dosen dan masyarakat umum,” kata Johan Arifin SE MSi PhD, Dekan FBE UII, kepada wartawan usai peresmian Galeri Investasi tersebut.

Menurut Johan Arifin, Galeri Investasi ini didirikan atas kerjasama FBE UII dan support dari PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia. Galeri Investasi merupakan sebuah sarana yang didedikasikan untuk memberikan akses dan pengetahuan tentang dunia investasi kepada mahasiswa FBE UII.

Galeri Investasi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan dan pemahaman pasar modal di kalangan mahasiswa dan masyarakat sekitar dalam membantu mengembangkan keterampilan investasi yang dibutuhkan di dunia nyata.

Dekan FBE UII Johan Arifin (tengah) didampingi Kurnia Febra M selaku Pengawas Senior Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 OJK DIY (kedua dari kanan), Irfan Noor Riza (Kepala Kantor Perwakilan BEI Yogyakarta/kedua dari kiri), Ivan Chandra Putra selaku Head of Business Development CGS (kiri)dan Farrel Nayotama Triwibowo (Ketua KSPM FBE UII/paling kanan) saat jumpa pers. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Peresmian Galeri Investasi diselenggarakan atas kerja ama dengan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) FBE UII, sebuah komunitas mahasiswa yang fokus pada penelitian dan pengembangan di bidang pasar modal. Kolaborasi antara Galeri Investasi dan KSPM FBE UII diharapkan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar dalam mengedukasi dan mempersiapkan mahasiswa menghadapi dinamika pasar modal.

Peresmian Galeri Investasi ini diisi dengan serangkaian kegiatan yang dimulai 5 Maret 2024 hingga 7 Maret 2024 dengan mengusung tema Grow Your Mindset to Navigate the Capital Market with Confidence.”

Acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan untuk mengembangkan mindset yang kuat dalam menghadapi tantangan pasar modal khususnya bagi para mahasiswa.

BACA JUGA:

Acara peresmian Galeri Investasi FBE UII ini juga dihadiri oleh Kurnia Febra M selaku Pengawas Senior Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 1 OJK DIY, Irfan Noor Riza (Kepala Kantor Perwakilan BEI Yogyakarta), Ivan Chandra Putra selaku Head of Business Development CGS dan Farrel Nayotama Triwibowo (Ketua KSPM FBE UII).

Setelah peresmian dilanjutkan dengan berbagai workshop untuk mahasiswa guna memberikan pemahaman mendalam tentang investasi dan pasar modal kepada mahasiswa.

Workshop membahas tentang transformasi digital pasar modal serta peluangan dan tantangan bagi investor muda, mengukuhkan kepercayaan investor melalui regulasi pasar modal yang adaptif hingga optimalisasi portofolio di kondisi pasar yang tidak menentu.

Selain itu, juga diadakan berbagai kegiatan yang dihadiri oleh para praktisi di bidang pasar modal. Secara khusus workshop dirancang untuk memberikan pemahaman praktis tentang konsep dasar-dasar perdagangan saham, materi analisis fundamental dan teknikal serta simulasi perdagangan saham.

Dekan FBE UII Johan Arifin (tengah). Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Puncak peresmian Galeri Investasi FBE UII menghadirkan para praktisi dan pakar di bidang pasar modal syariah dengan topik bahasan Sustainable and Responsible Investement (SRI) dalam prespektif islam dan juga bagaimana strategi memaksimalkan kinerja investasi syariah, analisis dan peluangnya yang dikemas dalam bentuk talkshow.

Acara diharapkan dapat membuka kesempatan yang berharga untuk memperluas wawasan dan keterampilan investasi, serta menjalin kolaborasi yang berarti dalam mengembangkan literasi
keuangan di kalangan generasi muda.

Galeri Investasi ini menjadi salah satu fasilitas baru yang ada di FBE UII yang diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan minat dan pemahaman mahasiswa terhadap investasi dan pasar modal. Melalui rangkaian acara peresmian Galeri Investasi yang komprehensif dan beragam selama tiga hari, diharapkan para mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan menyeluruh dan praktis yang akan membantu dalam merencanakan dan mengelola investasi di masa depan. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *