Festival Nyekar Bareng, Cara Warga Kampung Miliran Menghormati Leluhur

beritabernas.com – Warga Kampung Miliran, Kalurahan Muja Muju, Kapanewon/Kecamatan Umbulharjo, Kabupaten Sleman menggelar acara rutin tahunan yakni Festival Nyekar Bareng. Untuk tahun ini merupakan kegiatan yang keenam.

Festival Nyekar Bareng yang diawali titir keliling kampung lalu menuju makam untuk reresik sarean atau membersihkan makam di Miliran, Muja Muju ini dilakukan pada Sabtu 31 Desember 2023 mulai pukul 15.30. Peserta Festival Nyekar Bareng start dari Pos Ronda RT 13 sampai Sarean Miliran. Peserta merupakan seluruh warga Kampung Miliran dan siapa pun yang ingin bergabung dengan membawa bunga tabur dan peralatan sendiri.

Menurut Dodok, Ketua Panitia, kegiatan yang dilakukan setiap tahun pada tutup tahun ini sebagai salah satu bentuk menghormati leluhur. Bahkan nyekar ke makam merupakan kewajiban semua warga agar tidak melupakan akar atau leluhur.

Kegiatan ini sempat absen selama 2 tahun karena pandemi. Mulai tahun 2022 dan akhir 2023 ini kembali digelar dan menjadi yang ke-6 agenda reresik makam (Jawa: sarean) diselenggarakan oleh warga Kampung Miliran di Kelurahan Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Pada sore hari di penghujung tahun selalu digunakan sebagai ajang silaturahmi antar warga sekaligus bersama-sama membersihkan makam kampung.

Flyer nyekar bareng warga Miliran. Foto: Istimewa

Nyekar atau ziarah bersama ke makam kampung menjadi ajakan bagi seluruh warga Miliran untuk memahami kembali posisi mereka sebagai warga se-kampung, yang selama puluhan tahun terkotak-kotak dalam administrasi RT dan RW. Perjalanan menuju makam diawali dengan jalan kaki keliling kampung dengan membunyikan kentongan, menyuarakan undangan untuk seluruh warga untuk bergabung.

Kentongan dengan irama titir dipilih sebagai penanda undangan bagi seluruh warga untuk keluar rumah. Padahal umumnya, bunyi kentongan 5 kali berturut-turut (titir) digunakan untuk tanda telah terjadi peristiwa negatif, seperti pencurian. Namun, irama itu yang disepakati dengan mengubah maknanya menjadi tanda yang bersifat positif, yakni mengembalikan kerukunan dan kebersamaan warga kampung. Warga Miliran telah memposisikan fungsi sosial komunikasi dengan media kentongan untuk memperkuat sistem sosial yang semula bercorak patembayan menjadi kembali memuat semangat paguyuban.

Komunikasi dalam ritual ini tidak terbatas untuk membangun komunitas, tetapi juga untuk melestarikan nilai dan norma yang sudah ada sejak lama. Reresik dan nyekar bersama di makam kampung tidak hanya diharapkan dapat memperkuat relasi sosial antar warga, tetapi juga menghidupkan kembali komunikasi antara warga dengan anggota keluarga yang telah pergi mendahului, serta dengan leluhur kampung. Para orangtua akan membantu anak-anak dan remaja yang terlibat menjelaskan sejarah dan garis silsilah keluarga. Semua akan belajar saling menghargai kehidupan, baik di kehidupan di dunia maupun kehidupan setelah mati. Penghormatan akan dilakukan dengan berdoa dan bersama-sama membersihkan lingkungan makam.

BACA JUGA:

Ritual akhir tahun ini juga menjadi salah satu oasis kebersamaan warga kampung, yang kian hari makin sulit ditemukan di ruang publik kota Yogyakarta. Kampung mampu menghindarkan warga dari keruwetan, kemacetan, kebisingan, kekotoran, hingga kriminalitas di jalan-jalan kota. Deret masalah yang tidak kunjung mampu diatasi oleh pemerintah daerah di tingkat kota dan provinsi tersebut, justru bisa diantisipasi secara komunal di lingkungan kampung. Ketika pejabat kota meminta warga tetap di rumah dan mengalah kepada wisatawan yang menyesaki kota; warga Miliran justru mengajak semua tanpa kecuali untuk keluar rumah reresik dan nyekar bersama. Ketika Gubernur DIY menyuruh warga jangan mengeluh saat Yogyakarta makin riuh, warga Miliran justru membuka ruang interaksi agar setiap masalah dapat saling terkomunikasikan dan terselesaikan.

Kota-kota kita dibentuk dari himpunan kampung-kampung yang dihidupi secara kolektif oleh warga. Kegagalan kota dan daerah menyediakan ruang dan kehidupan yang sehat dan adil bagi warga, semoga masih dapat terus dipenuhi melalui inisiatif-inisiatif kemandirian di lingkup kampung.

Ketika setiap kampung mampu menguatkan pondasi yang sama, seperti yang berlangsung di Miliran, harapan perubahan yang dimimpikan untuk Yogyakarta semoga dapat segera terwujud nyata. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *