Film Ki Hadjar Dewantara Ikut Ditampilkan di Event International Art Exhibition#2 2023

beritabernas.com – Film Ki Hadjar Dewantara ikut dipamerkan dalam event International Art Exhibition#2 2023 yang digelar di Ruang Pameran Jogja Gallery pada 7-14 Maret 2023.

Film Ki Hadjar Dewantara yang disponsori Dinas Kebudayaan (Kandha Kabudayan) DIY dengan dukungan dana keistimewaan (Danais) ini merupakan bagian dari 124 karya seni yang dipamerkan dalam event International Art Exhibition#2 2023.

Suasana International Art Exhibition#2 2023 di Ruang Pameran Jogja Gallery 7 Maret 2023malam. Foto: Dok Panitia

Event International Art Exhibition#2 2023 yang digagas oleh Prodi Pendidikan Seni Rupa UST Yogyakarta bekerjasama dengan L-Project dan Art Koridor sebagai media partner ini secara resemi dibuka pada Selasa 7 Maret 2023 malam.

BACA BERITA TERKAIT:

Dr Moh Rusnoto Susanto SPd MPd, Ketua Panitia Pelaksana International Art Exhibition#2 2023, ketika ditemui beritabernas.com di Jogja Gallery Jalan Perkaplan Nomor 7 Alun-alun Utara Yogyakarta, Selasa 7 Maret 2023 sore, mengatakan, pameran kali ini menampilkan 124 karya seni dari 45 seniman muda yang lolos seleksi dari 145 seniman dari seluruh Indonesia yang diterima panitia. Di luar itu, sejumlah karya seni 15 perupa dari 12 negara.

Selain film Ki Hadjar Dewantara, menurut Dr Moh Rusnoto Susanto yang juga sebagai kurator dan Dosen Seni Rupa UST, dalam event kali karya seni yang dipamerkan sangat beragam, seperti seni lukis, seni grafis, seni patung, desain, kerajinan dan video art.

Rusnoto Susanto mengaku bangga mengingat antusiasme para perupa dari dalam maupun luar negeri mengikuti event penting yang digelar setiap 3 tahun sekali ini.

Panitia dan seniman muda Seni Rupa UST foto bersama di event International Art Exhibition#2 2023 di Jogja Gallery, 7 Maret 2023. Foto: Dok Panitia

“Kalau 3 tahun lalu baru 9 negara yang berpartisipasi dalam event serupa, namun kali ada 12 negara yang berpartisipasi. Ini berarti ada peningkatan jumlah peserta luar negeri. Sebagian hadir langsung dalam pameran ini dan sebagian lagi hanya mengirimkan karyanya untuk dipamerkan,” kata Rusnoto Susanto.

Dikatakan pameran ini didedikasikan untuk Pahlawan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Karena itu, sejak tahun 2017 diberikan penghargaan berupa Dewantara Art Award untuk seniman muda baik dalam maupun luar negeri.

Acara pembukaan International Art Exhibition#2 2023 Jogja Gallery, 7 Maret 2023 malam. Foto: Dok Panitia

“Kami dedikasikan pameran ini untuk Pahlawan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Selain itu, sebagai penghormatan kepada Ki Hadjar Dewantara kami juga akan memberikan penghargaan untuk seniman muda berprestasi dengan nama Dewantara Art Award. Penghargaan tersebut tidak hanya untuk seniman muda dalam negeri tapi juga luar negeri,” kata Rusnoto Susanto. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *