Fokki Ngobras dengan Para Ketua Lingkungan Gereja di Kampung Gendeng

beritabernas.com – Anggota DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardiyanto S.IP mengundang beberapa Ketua Lingkungan Gereja Katolik Kristus Raja Baciro se- Kampung Gendeng Baciro untuk ngobrol santai (ngobras) berkaitan dengan berbagai program dan kegiatan untuk memajukan umat Katolik se- Kampung Gendeng. 

BACA JUGA: Studi Banding Soal Pengarusutamaan Gender, Fokki Berdoa di Gereja Katedral Palembang

Ngobrol santai yang berlangsung di cakruk Gereja Kristus Raja Baciro, pada Jumat 31 Maret 2023 itu,   diikuti oleh hampir semua kaling (ketua lingkungan). Pada kesempatan itu, Fokki menjelaskan beberapa program yang dapat diakses Umat Katolik.

Beberapa Ketua Lingkungan Gereja Katolik Kristus Raja Baciro se-Kampung Gendeng ikuti ngobras. Foto: Istimewa

Menurut Fokki, semua program dari pemerintah bisa diakses siapa pun tanpa melihat konsep mayoritas dan minoritas karena dasar negara kita yang digali dari bumi pertiwi dan disampaikan oleh Bapak Bangsa Bung Karno pada 1 Juni 1945 dalam sidang BPUK yaitu Pancasila telah bersifat final.

“Konsepsi Pancasila adalah bukan mayoritas dan minoritas tetapi gotong-royong. Negara ini didirikan bukan untuk satu agama, bukan untuk satu golongan, bukan untuk satu suku bangsa tetapi negara ini didirikan untuk semua warga negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke dari Pulau Rote sampai Pulau Miangas,” ujar Fokki menyitir dari apa yang pernah disampaikan Bung Karno. 

Para Kaling ikut ngobras bareng Antonius Fokki Ardiyanto S.IP. Foto: Istimewa

Dari landasan berpikir inilah maka program program pemerintah bisa diakses siapa pun termasuk Umat Katolik. Yang menjadi tolak ukur adalah peraturan. Jadi kalau sesuai dengan peraturan dalam mengakses program-program pemerintah maka pasti akan ditindaklanjuti menjadi rencana kerja kerja sampai kepada dokumen pelaksanaan anggaran DPA.

Ketika sudah masuk ke dokumen pelaksanaan anggaran maka tinggal pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi artinya sudah dieksekusi. “Maka akseslah program-program yang bermanfaat bagi umat mulai dari sisi perencanaan dan saya selaku wakil rakyat siap mendampingi dan mengawalnya,” kata Fokki. 

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP ngobras dengan Ketua Lingkungan Gereja Katolik Kristus Raja Baciro se-Kampung Gendeng. Foto: Istimewa

Dari ngobrol santai tersebut ada masukan-masukan dari beberapa Kaling berkaitan dengan beberapa agenda kegiatan ke depan terutama di bulan Mei menyambut Bulan Maria. Dalam kesempatan itu juga dibicarakan beberapa langkah untuk dapat menyukseskan dan memeriahkan Bulan Maria di Bulan Mei. Ngobrol santai diakhiri dengan doa bersama untuk kesejahteraan, kemajuan dan keselamatan umat di lingkungan Kampung Gendeng pada khususnya dan bangsa pada umumnya. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *