Guru MTsN 3 Bantul Mendapat Anugerah Pelatih Nasional Pratama bidang Olahraga Catur

beritabernas.com – Guru MTsN 3 Bantul Drs Sutanto mendapat anugerah sebagai Pelatih Nasional Pratama (PNP) bidang Catur. Predikat baru tersebut diperolehnya melalui sertifikat tertanggal 18 Maret 2023 yang ditandatangani langsung Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Grandmaster (GM) Utut Adianto.

Sutanto mengikuti Penataran Pelatih Catur tingkat Nasional yang bersamaan dengan even Kejurnas Catur di Arena JI-Expo (Jakarta International Expo) Kemayoran Lantai 6 Jalan Haji Benyamin Suaeb, Jakarta, Rabu hinggaa Sabtu  (15-18/3/2023). 

Bidang Pelatihan Pelatih P Percasi Woman International Master (WIM) Lisa Lumongdong selaku koordinator menjelaskan, penataran kali ini terbanyak dibanding penataran sebelumnya. Diikuti 63 orang berasal dari 22 provinsi se Indonesia. Adapun  pemateri terdiri dari GM Utut Adianto, MN Hendry Djamal FT, International Master (IM) Dede Lioe dan MN Heri Darmanto PN.

“Selama penataran, peserta mendapatkan banyak materi kepelatihan, seperti Peran dan Tantangan Pelatih, Aspek Psikologis Pembukaan Catur, Pendalaman Opening, Faktor Non Teknis Dalam Bermain Catur, Kombinasi, Permainan Akhir, Penerapan Teknologi dalam Catur,” terang Lisa.

Sebagai peserta, Sutanto merasa tertantang untuk terus belajar dan belajar. Dengan mengikuti penataran berskala nasional tersebut dirinya merasa ilmunya semakin kurang.

“Selama 4 hari bertemu dengan calon pelatih se Indonesia dan mendapat gemblengan dari pakar catur, saya merasa ilmu saya sangat kurang. Saya mendapat banyak ilmu khusus dalam bidang kepelatihan. Satu hal penting yang saya ingat adalah pesan Pak Utut, setiap peserta harus punya murid untuk dilatih,” tutur Sutanto.

Satu hal lagi yang membuat Sutanto senang, dari hobinya menulis buku melalui Komunitas Yuk Menulis pimpinan Vitriya Mardiyati, ia bisa menyampaikan cindera mata berupa buku Memoar Pusparagam Kisah 64 Kotak Gelap Terang yang berisi kisahnya menggeluti catur kepada WIM Lisa Lumongdong dan GM Utut Adianto.

Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari SPd.Si menyambut gembira karena salah satu guru di madrasahnya berhasil menyelesaikan proses penataran dan menyandang gelar Pelatih Nasional Pratama.

“Sejak kehadiran Pak Tanto pada Februari 2021 di MTsN 3 Bantul mulai ada ekstra kurikuler catur. Sedikit demi sedikit mulai nampak bakat yang muncul dan bisa berprestasi di tingkat Kabupaten. Bahkan prestasi terakhir di ajang Por Pelajar turut mempersembahkan Medali Perak Beregu Catur Standar. Semoga kedepan semakin banyak siswa yang berprestasi,” kata Sugeng. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *