Hadirkan 3 Pembicara Utama dari Luar Negeri, Jurusan Kimia Fakultas MIPA UII Gelar IC3PE

beritabernas.com – Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UII menggelar Konferensi Internasional Kimia Proses dan Rekayasa Kimia yang ke-5 atau the 5th International Conference on Chemistry, Chemical Process and Engineering (IC3PE) di Hotel Alana Yogyakarta, Rabu 14 Agustus 2024.

Konferensi internasional yang bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian dari perguruan tinggi, pusat penelitian dan lembaga pemerintah serta menghadirkan sinergi antara penelitian dan industri ini menampilkan 3 pembicara utama dari luar negeri yakni Prof Taifo Mahmud dari Oregon State University, AS, Prof Won-Chun Oh dari Hanseo University, Korea Selatan, Associate Prof Dr Corrienna binti Abdul Talib dari Universiti Teknologi Malaysia dengan asal peserta lebih dari 5 negara seperti Jepang, Thailand, Korea, Inggris, Malaysia dan dari Indonesia sendiri. Selain 3 pembicara utama tersebut, juga tampil 4 pembicara undangan.

Sebagian peserta IC3PEfoto bersama narasumber di Hotel Alana Yogyakarta, Rabu 14 Agustus 2024. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut Dr Ganjar Fadillah, Ketua Konferensi, konferensi ini merupakan agenda tahunan dan kali ini merupakan gabungan dari dua konferensi yakni kimia proses dan edukasi. Fokus utama konferensi kali ini pada pendekatan akademik, industri dan digitalisasi pendidikan.

Dikatakan, sasaran atau target yang ingin dicapai dari konferensi ini adalah untuk menduniakan kimia karena mungkin banyak orang yang kurang familiar dengan kimia. Padahal kimia tidak jauh dari kehidupan sehari-hari. “Apa pun yang kita pakai adalah kimia. Melalui konferensi ini kita menyadarkan bahwa kimia itu ada sekitar kita,” kata Ganjar di sela-sela konferensi.

BACA BERITA LAINNYA:

Ganjar mengatakan, dari topik konferensi yakni Kimia untuk Pembangunan Berkelanjutan: Mencapai SDGs Melalui Inovasi dan Kolaborasi, dirangkum ke beberapa topik utama yakni energi, lingkungan, ekonomi berkelanjutan dan pendidikan. “Intinya dari 17 SDGs dirangkum menjadi 9 topik utama dan fokus konferensi kali ini pada energi dan lingkungan,” kata Ganjar.

Para narasumber foto bersama Pimpinan Fakultas MIPA UII dan panitia konferensi. Foto: Philipus Jehamun/ beritabernas.com

Menurut Ganjar, dalam semangat kimia hijau, proses kimia dan industri untuk masa depan yang berkelanjutan dan cerah, konferensi ini memberikan peluang bagi teknologi yang lebih ramah lingkungan dan efisien di bidang kimia, proses kimia dan teknik. Melalui penelitian inovatif, kolaborasi interdisipliner dan kemitraan strategis, kimia menawarkan jalur yang menjanjikan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

BACA JUGA:

Dari catatan beritabernas.com, IC3PE yang didirikan pada tahun 2016 menyediakan forum bagi para ilmuwan di luar negeri yakni ahli kimia, ilmuwan material, insinyur dari mahasiswa sarjana, pascasarjana (magister dan doktoral) dan ilmuwan dari pusat penelitian dan industri untuk berbagi dan mendiskusikan penelitian dan keahlian terkini mereka melalui poster dan presentasi lisan. Pembicara utama dan pembicara undangan dari berbagai bidang yang datang dari luar negeri berbagi keahlian dalam sesi pleno. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *