Hingga Hari Ini Tingkat Hunian Hotel di DIY Rata-rata 38 Persen

beritabernas.com – Sampai hari Rabu 19 April 2023 ini, tingkat hunian hotel-hotel di DIY rata-rata sebesar 38 persen. Tingkat hunian hotel diperkirakan meningkat pada H-2 sampai hari H atau 22 April 2023.

Menurut Herryadi Baiin, Ketua DPD IHGMA Yogyakarta dan General Manager Queen of The South, pada periode libur Idul Fitri 1444 H sesuai dengan kebijakan pemerintah 19-25 April 2023, hingga hari ini tingkat hunian hotel di DIY rata-rata sebesar 38 persen.

Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitu demand Jogja yang memang terjadi perubahan sejak beberapa tahun dimana orang lebih banyak memilih reservasi pada H-2 sampai pada hari H.

BACA JUGA:

Selain itu, libur lebaran yang cukup memberi ruang bagi tamu untuk memilih tanggal untuk mereka berkunjung ke Jogja sehingga tidak tertumpuk hanya pada hari tertentu. Peningkatan justru terjadi pada H+1 hingga H+5 lebaran.

Sementara untuk harga kamar, menurut Herryadi Baiin, hingga saat ini masih terbilang wajar. Untuk harga kamar hotel pada periode libur lebaran tanpa discount. Sebaliknya, hotel-hotel juga tidak menjual dengan harga melebihi harga full rate yang ada.

Dr Raden Stevanus C Handoko S.Kom MM, Anggota Komisi D DPRD DIY memperkirakan akan ada sekitar 6 juta pemudik masuk ke DIY, baik yang sekadar lewat atau yang menjadikan DIY sebagai tujuan utama. 

Suasana Hotel Queen of The South yang asri. Foto: Istimewa

Dengan tingginya angka pemudik yang akan masuk DIY, maka Dr Raden Stevanus mengharapkan pemerintah daerah, pemkot dan pemkab serta semua pihak dapat berkolaborasi dan bersinergi agar mudik kali ini berjalan dengan lancar tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan semua pihak.

Menurut Dr Raden Stevanus, Jogja sebagai kota wisata dan kota budaya pada bulan April ini memiliki berbagai acara yang dapat dinikmati oleh warga dan pemudik. Seperti Numplak Wajik, Vegan Festival, Grebeg Syawal, pertunjukan wayang, musik dan pertunjukan kebudayaan lainnya di berbagai tempat.

Selain itu wisata kuliner Jogja juga akan menjadi magnet tersendiri bagi warga dan pemudik. Ia berharap semua itu bisa berjalan dengan baik dan dinikmati oleh para pemudik. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *