Ikut Seleksi Paskibraka, Pelajar Asal Asmat Tempuh Perjalanan Laut Selama 5 Hari 5 Malam

beritabernas.com – Perjuangan Juan Paulinus Damianus Faya, seorang pelajar asal Asmat, untuk menjadi anggota Paskibraka pada 17 Agustus 2023, sungguh sangat tidak mudah. Untuk mengikuti seleksi di Merake, ia harus menempuh perjalanan laut selama 5 hari 5 malam.

Juan Paulinus Damianus Faya berasal dari Provinsi Papua Selatan. Ia berhasil dikukuhkan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa 15 Agustus 2023.

Dikutip beritabernas.com dari akun twitternya, Presiden Jokowi mengatakan, Juan Paulinus Damianus Faya dikukuhkan sebagai anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) tahun 2023 bersam 76 pelajar lainnya dari 38 provinsi di Indonesia.

Menurut Presiden Jokowi, untuk sampai di titik ini, Juan yang berasal dari Kabupaten Asmat harus menempuh perjalanan laut selama 5 hari 5 malam untuk sampai di Kabupaten Merauke mengikuti seleksi Paskibraka tingkat provinsi.

Juan pun lolos sehingga bersama 76 pelajar yang lainnya, Juan akan bertugas sebagai Paskibraka pada upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi dan upacara penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023 di Jakarta.

Dikatakan, jika tahun lalu anggota Paskibraka datang dari 34 provinsi, tahun ini mereka datang dari 38 provinsi berkat adanya 4 provinsi baru, termasuk Papua Selatan.

Presiden Jokowi menyalami anggota Paskibraka. Foto: Twitter@jokowi

“Setiap anggota Paskibraka punya cerita sendiri bagaimana mereka terpilih dan berlatih untuk bertugas dalam upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Jakarta. Semuanya menarik,” cuit Presiden Jokowi.

Lilly Indiani Suparman Wenda, perwakilan Paskibraka dari Provinsi Papua Pegunungan, mengaku senang bisa lihat langsung Presiden Jokowi.

“Pas bawa baki waktu latihan, saya enggak tahu kalau ada Pak Presiden di atas. Senang banget Pak Presiden bisa nonton langsung,” ujar Lilly Indiani Suparman Wenda. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *