Ini Kronologi Dosen UII Hilang Kontak hingga Membalas Korespondensi Lewat Email

beritabernas.com – Dosen UII yang hilang kontak sejak 12 Pebruari 2023 saat berada di Oslo, Norwegia akhirnya merespon korespondensi email yang dikirim UII, Jumat 24 Pebruari 2023. Meski belum bisa kontak langsung melalui handphone (HP) dan belum bertemu, namun Rektor UII Prof Fathul Wahid ST MSc Phd merasa bersyukur.

Sebab upaya pelacakan keberadaan Ahmad Munasir Rafie Pratama, Dosen UII yang sempat hilang kontak itu, telah membuahkan hasil. Ahmad Munasir telah membalas korespondensi email yang dikirimkan UII.

BACA JUGA:

Secara kronologis, Rektor UII Prof Fathul Wahid menjelaskan proses hilang kontaknya Dosen FTI UII Ahmad Munasir Rafie Pratama sejak hendak pulang ke Indonesia dari Oslo, Norwegia, pada 12 Pebruari 2023.

Menurut Prof Fathul Wahid, sejak 5 Februari 2023 hingga 11 Pebruari 2023, Ahmad Munasir bersama tim yang terdiri 4 orang, termasuk Rektor UII, mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN). Kemudian, pada 12 Februari 2023 tim meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo dengan penerbangan yang berbeda.

Rektor UII Prof Fathul Wahid mengaku terakhir bertemu Ahmad Munasir di Oslo, Norwegia, pada 11 Februari 2023 malam. Tim pulang dengan 3 penerbangan berbeda dan Ahmad Munasir sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia melalui Istanbul, Turki.

Rektor UII Prof Fathul Wahid bersama Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf UII M Suwarsono (kanan) saat memberi keterangan kepada wartawan. Foto: Philipus Jehamun/beritabernas.com

Menurut rencana yang tersampaikan secara lisan, rute perjalanan Ahmad adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. Namun, saat itu Ahmad Munasir tidak berbagi informasi penerbangan secara detail kepada kolega di UII maupun kepada istrinya.

Ahmad Munasir mengirimkan pesan terakhir kepada istri pada 12 Februari 2023 siang atau beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul. Pesan itu berbunyi: menunggu boarding. Sejak saat itu, Ahmad Munasir tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Padahal, menurut informasi lisan yang diberikan Ahmad Munasir dan dikuatkan dengan pesan WhatApp kepada sang istri, ia akan mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 jam 18.00.

Dari berbagai upaya pelacakan yang dilakukan UII, termasukan melapor ke polisi, Ahmad Munasir terdeteksi berada di Boston, Amerika Serikat. Namun, belum berkontak langsung dengan Ahmad lewat telpon karena nomor teleponnya tidak aktif.

BACA JUGA: Rektor UII: Dosen yang Hilang Kontak Patut Diduga sebagai Tindakan Indisipliner

Namun, pada Jumat 24 Pebruari 2023, Ahmad Munasir membalasa korespondensi email yang dikirimkan UII. Dalam email itu, Ahmad Munasir menjelaskan alasan mengubah rute perjalanan ke Amerika Serikat karena kondisi kesehatan. Ia juga meminta maaf kepada Rektor UII dan sivitas akademika UII.

“UII telah mencermati alasan kondisi kesehatan AMRP yang menjadi penyebab pengalihan rute penerbangan ke Amerika Serikat dan disampaikan melalui penjelasan AMRP di dalam balasan email. Pesan yang diterima UII dari AMRP juga termasuk permohonan maaf yang sebesar-besarnya dari AMRP kepada Rektor dan seluruh sivitas akademika UII atas kegaduhan yang muncul di publik terkait permasalahan ini,” kata Rektor UII dalam siaran pers yang diterima beritabernas.com, Jumat 24 Pebruari 2023. (lip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *