Kampung Wisata Baciro Mendapat Piagam Penghargaan dari Kemenparekraf RI

beritabernas.com – Kampung Wisata Baciro yang baru terbentuk dengan ikon andalan Pabrik Cerutu Tarumartani yang berdiri sejak 1918 mendapat piagam penghargaan dari Kemenparekraf sebagai Desa Wisata Binaan Kemenparekraf 2023. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Menteri Parekraf Sandiaga Uno di Jakarta. 

Dalam sertifikat dari Kemenparekraf RI itu disebutkan penghargaan diberikan kepada Kampung Wisata Baciro sebagai Desa Wisata Binaan Kementerianparekraf RI Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Dalam sertifikat yang ditandatangani Menteri Parekraf RI Sandiaga S Uno pada 31 Januari 2023 disebutkan bahwa desa wisata simbol kebangkitan ekonomi Indonesia.

Menurut Servasius Wue sebagai salah satu pengurus inti Kampung Wisata Baciro yang juga sebagai Ketua RW 10 Baciro, dalam rilis yang dikirim kepada beritabernas.com, Senin 27 Pebruari 2023, penghargaan dari Kemenparekraf ini memberi semangat kepada warga dan pengelola Kampung Wisata Baciro untuk terus bergerak dan mendata serta memetakan semua potensi yang ada di wilayah Kampung Baciro, Kalurahan Kotabaru, Kota Yogyakarta.

Pentas seni budaya di halaman PD Tarumartani Baciro. Foto: Istimewa

Potensi-potensi tersebut, menurut Servasius Wue sebagai salah satu pengurus inti Kampung Wisata Baciro yang juga sebagai Ketua RW 10 Baciro, antara lain seni budaya, kuliner dan UMKM untuk dapat mendukung keberadaan Kampung Wisata Baciro bermuara kepada kesejahteraan rakyat. Apalagi ditambah dengan keberadaan bentuk-bentuk rumah yang klasik di wilayah Baciro bisa sebagai tempat yang instragamable.

Sementara Antonius Fokki Ardiyanto S.IP, Anggota DPRD Kota Yogyakarta yang kebetulan berasal dari daerah pemilihan setempat, menyatakan keberadaan Kampung Wisata Baciro dapat mendorong pergerakan ekonomi setempat sebagai simbol kebangkitan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Hal ini bisa terwujud selama potensi-potensi yang ada di Kampung Wisata Baciro dapat dimaksimalkan, baik promosi maupun kualitas serta keseriusan pemerintah daerah dalam membina dan memfasilitasi keberadaan Kampung Wisata bukan saja di Baciro tetapi juga di kampung kampung lain.

BACA JUGA:

“Kunci utama dari keberhasilan Kampng Wisata adalah bisa mendatangkan orang banyak untuk berkunjung ke wilayah tersebut untuk menikmati sesuatu yang spesial dari kampung wisata tersebut,” kata Antonius Fokki Ardiyanto S.IP yang biasa disapa Fokki.

Untuk itu, Kampung Wisata Baciro dengan keunggulan dan menjadi ikon adalah keberadaan Pabrik Cerutu Tarumartani, maka Fokki akan mendorong Dinas Pariwisata untuk memformulasikan dan mengkaji bagaimana dalam program ke depan ada Festival Cerutu di Kampung Baciro bekerja sama dengan PD Tarumartani.

Dalam festival tersebut, menurut Fokki, bisa ditampilkan semua potensi yang ada di Kampung Baciro serta ada tour jelajah pabrik. Sehingga halaman pabrik cerutu Tarumartani yang sudah berhasil disulap menjadi wisata kuliner setiap hari juga mempunyai nilai lebih baik dari sisi countennya maupun dari sisi partisipasi masyarakat setempat.

Dengan demikian, tujuan kesejahteraan masyarakat setempat juga terangkat dan menjadi titik ungkit bagi kampung-kampung di wilayah Kalurahan Baciro pada umumnya. (lip)


There is no ads to display, Please add some

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *